Search for collections on Undip Repository

USER EXPERIENCE DALAM GAME EDUKASI PEMBELAJARAN TOKOH WAYANG

Shafa, Naufal Muhammad (2022) USER EXPERIENCE DALAM GAME EDUKASI PEMBELAJARAN TOKOH WAYANG. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text
JUDUL.pdf

Download (585kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (213kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (484kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (463kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (192kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (217kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (864kB)

Abstract

Indonesia merupakan negara yang memiliki banyak keanekaragaman suku, seni dan budaya.
Salah satu budaya tersebut adalah Wayang. Wayang dapat diartikan sebagai bayang – bayang boneka
yang dimainkan di atas layar putih, pengartian ini telah menunjuk kepada boneka dua dimensi yaitu
boneka Wayang Kulit. Namun akhir – akhir ini, peminat pada budaya Wayang Kulit dari generasi
muda mulai berkurang. Hal ini dikarenakan mulai berkurangnya pelaku yang memainkan pertunjukan
Wayang atau yang umumnya dikenal dengan istilah Dalang. Oleh karena itu dibutuhkannya
peningkatan kembali seni budaya Wayang dengan mengenalkan tokoh - tokoh wayang dari berbagai
kisah kepada generasi muda. Upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan budaya ini adalah
menggunakan mediasi perangkat komunikasi berupa smartphone dalam bentuk mobile game.
Dalam pengembangannya, sebelum aplikasi ini diberikan kepada publik dibutuhkan
pengukuran pengalaman pengguna dari pengujian kepada responden penelitian yang nantinya dapat
dijadikan masukan untuk pengembang. Pengujian pengalaman pengguna akan menerapkan pengujian
pengalaman pengguna dengan model User Experience Honeycomb. Pengujian pengalaman pengguna
menerapkan pendekatan metode Design Thinking dan perancangan kuesioner atau pertanyaan
pengujian pengalaman pengguna akan bereferensi pada jenis kuesioner Computer System Usability
Questionnaire (CSUQ). Jawaban yang diberikan oleh responden pada pengujian kemudian akan diuji
valid dan reliabel atau keandalannya pada uji validitas dan reliabilitas menggunakan aplikasi berupa
Statistical Package for Social Sciences atau SPSS. Kemudian jawaban yang lolos dari uji validitas dan
reliabilitas akan dikalkulasikan secara matematis pada perhitungan skala likert dengan nilai skala 1
sampai 5 untuk mendapatkan keterangan hasil akhir pengujian.
Pengujian pengalaman pengguna pada Game Edukasi Pembelajaran Tokoh Wayang pada 34
responden penelitian dengan rentang umur 18 sampai 25 tahun mendapatkan 12 dari 19 jawaban
responden penelitian memberikan hasil yang valid dan reliabel pada pengukuran uji validitas dan
reliabelitas serta memberikan rata – rata skor akhir sebesar 84,65. Rata – rata skor keterangan hasil
akhir sebesar 84,65 apabila dimasukkan ke dalam rating scale pada skala likert memberikan hasil
akhir “Sangat Baik”. Namun, tidak dapat diabaikan bahwa 7 dari 19 jawaban jawaban responden
penelitian memberikan hasil yang tidak valid dan tidak reliabel pada uji validitas dan reliabilitas.
Hasil 7 dari 19 jawaban responden pada kuesioner pengujian pengalaman pengguna ini dikategorikan
pada bagian InfoQual atau penilaian kualitas informasi pada aturan Computer System Usability
Questionnaire (CSUQ) sehingga dengan penilaian ini untuk penelitiann berikutnya, upaya yang dapat
dilakukan pengembang adalah meningkatkan penilaian kualitas informasi pada Game Edukasi
Pembelajaran Tokoh Wayang.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Wayang, Wayang Kulit, User Experience Honeycomb, Design Thinking, Computer System Usability Questionnaire (CSUQ, Statistical Package for Social Sciences, SPSS, InfoQual.
Subjects: Engineering
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Computer Engineering
Depositing User: Teknik Komputer
Date Deposited: 27 Mar 2023 07:11
Last Modified: 25 May 2023 02:19
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/12192

Actions (login required)

View Item View Item