Search for collections on Undip Repository

PEMBUATAN APLIKASI VIRTUAL REALITY SEBAGAI MEDIA EDUKASI PEMADAMAN API MENGGUNAKAN ALAT PEMADAM API RINGAN

Yanuar, M. Risqullah Naufal (2022) PEMBUATAN APLIKASI VIRTUAL REALITY SEBAGAI MEDIA EDUKASI PEMADAMAN API MENGGUNAKAN ALAT PEMADAM API RINGAN. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text
JUDUL.pdf

Download (347kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (79kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (281kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (73kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (142kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (18kB)

Abstract

Teknologi virtual reality dapat digunakan sebagai media dalam penyampaian suatu materi.
Salah satu hal penting yang dapat dijadikan materi edukasi adalah mengenai metode penggunaan
alat pemadam ringan. Metode edukasi yang lazim digunakan mengenai metode penggunaan alat
pemadam ringan adalah dengan pengajaran dan peragaan secara langsung dimana dalam
prosesnya menggunakan api asli yang menimbulkan risiko fisik. Oleh karena itu, Penelitian ini
bertujuan untuk mengembangkan aplikasi virtual reality sebagai media edukasi metode
penggunaan alat pemadam api ringan yaitu metode PASS (Pull-Aim-Squeeze-Sweep).
Virtual reality dapat digunakan sebagai media edukasi yang dapat meningkatkan
pembelajaran dengan memberikan gambar ataupun visual yang realistis. Selain itu, VR sebagai
media edukasi dapat digunakan disaat memperoleh dan melakukan eksperimen menggunakan objek
nyata tidak memungkinkan atau membutuhkan biaya yang besar. Pada penelitian ini, metode yang
digunakan dalam pengembangan aplikasi VR yang berisi 4 level ini adalah Multimedia
Development Life Cycle (MDLC) yang memiliki 6 tahapan yang dimulai dengan konsep, desain,
pengumpulan materi, perakitan, pengujian, dan diakhiri dengan distribusi.
Hasil pada penelitian ini adalah Aplikasi Virtual Reality bernama APARVR yang berjalan
pada perangkat Oculus Quest 2 yang menggunakan game engine Unreal Engine 4. Aplikasi ini diuji
menggunakan System Usability Scale yang dilakukan kepada 15 orang responden yang
mendapatkan rata-rata nilai akhir SUS sebesar 67 menunjukkan tingkat penerimaan pengguna
terhadap aplikasi “APARVR” berada pada posisi Marginal-High atau hampir dapat diterima oleh
pengguna. Dilakukan juga pengujian materi terhadap responden yang sama dimana terdapat
peningkatan nilai rata-rata pada hasil pengujian pasca-uji sebesar 42.66 dibandingkan dengan
nilai rata-rata hasil pengujian pra-uji yang menandakan bahwa bahwa penyampaian materi
edukasi dalam aplikasi “APARVR” dapat dipahami oleh pengguna.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Virtual Reality, Alat Pemadam Api Ringan, Media Edukasi, Metode PASS, Multimedia Development Life Cycle, Oculus Quest 2, Unreal Engine 4.
Subjects: Engineering
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Computer Engineering
Depositing User: Teknik Komputer
Date Deposited: 27 Mar 2023 06:55
Last Modified: 08 Jun 2023 02:48
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/12188

Actions (login required)

View Item View Item