Search for collections on Undip Repository

IMPLEMENTASI VIRTUAL REALITY SEBAGAI MEDIA PENGENALAN SISTEM HIDROPONIK DAN GREENHOUSE

Hisyam, Muhammad Fadhli (2022) IMPLEMENTASI VIRTUAL REALITY SEBAGAI MEDIA PENGENALAN SISTEM HIDROPONIK DAN GREENHOUSE. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text
JUDUL.pdf

Download (500kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (81kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (344kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (619kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (78kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (103kB)

Abstract

Proses produksi pertanian biasanya menggunakan lahan yang cukup luas, namun kondisi
tanah yang menyempit membuat proses produksi menjadi berkurang. Selain itu, kondisi lingkungan
yang berubah-ubah juga dapat mempengaruhi hasil produk. Dari pernyataan tersebut, maka sistem
hidroponik dan greenhouse dapat menjadi solusi dalam proses pertanian. Banyak media yang dapat
digunakan untuk memberikan penjelasan mengenai hidroponik dan greenhouse, salah satunya
adalah media interaktif berbasis komputer. Dengan media interaktif berbasis komputer, maka
pengguna tidak hanya dapat melihat objek atau medianya saja, tetapi dapat berinteraksi selama
proses pembelajaran. Dari permasalahan tersebut, maka terciptalah sebuah aplikasi simulasi
dengan menggunakan teknologi virtual reality untuk mempermudah dalam mengenalkan sistem
hidroponik dan greenhouse. tujuan dari penelitian ini yaitu menyampaikan pengenalan sistem
hidroponik dan greenhouse.
Aplikasi dibuat dengan menggunakan Unreal Engine dan menggunakan metode
pengembangan Multimedia Development Life Cycle dari Luther dan Sutopo. Aplikasi tersebut diuji
dengan 2 jenis pengujian, yaitu pengujian pre-test dan post-test serta pengujian usability.
Dari pengujian yang dilakukan, hasil yang didapatkan adalah sebagai berikut: Pengujian pretest dan post-test untuk mengukur tingkat pemahaman responden mendapatkan hasil nilai rata-rata
post-test sebesar 77,77777778 dan nilai rata-rata pre-test sebesar 41,48148148 dengan nilai NGain sebesar 0,620253165 yang berarti bahwa informasi pada aplikasi Hydrogreen sudah
tersampaikan dan cukup untuk bisa diingat dan dipahami pengguna; Pengujian usability
menggunakan metode SUS untuk mengukur tingkat kebergunaan aplikasi mendapatkan hasil ratarata 68,05556 yang berarti bahwa aplikasi sudah cukup memenuhi aspek usability.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Virtual Reality, Media Pengenalan, Hidroponik, Greenhouse, Multimedia Development Life Cycle, Unreal Engine
Subjects: Engineering
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Computer Engineering
Depositing User: Teknik Komputer
Date Deposited: 27 Mar 2023 06:29
Last Modified: 24 May 2023 04:13
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/12186

Actions (login required)

View Item View Item