Hidayatullah, M. Irfan Syarif (2021) PERANCANGAN FILTER GAME INSTAGRAM “JAUHI NARKOBA” BERBASIS AUGMENTED REALITY (AR) MENGGUNAKAN SPARK AR STUDIO. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.
Text
JUDUL.pdf Download (531kB) |
|
Text
BAB I.pdf Restricted to Repository staff only Download (91kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (212kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (679kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (415kB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (98kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (82kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (144kB) |
Abstract
Permasalah narkotika semakin membuat khawatir setiap negara. Indonesia mengalami
peningkatan korban kasus narkoba sebesar 0,3% menjadikan total 3,41 juta jiwa pada tahun 2019.
Segala bentuk upaya pemerintah dalam mencegah permasalahan narkotika sudah dilakukan seperti
melakukan penyuluhan anti narkoba, pembentukan satgas di lingkungan masyarakat hingga
melakukan program tes urine. Penulis mencoba untuk ikut mendukung upaya pencegahan dengan
melakukan perancangan sebuah filter game Instagram “Jauhi Narkoba”.
Perancangan filter game Instagram didalam penelitian ini memiliki tujuan berupa ajakan
untuk menjauhi narkoba melalui game sederhana. Filter dirancang dengan memanfaatkan teknologi
Augmented Reality (AR) menggunakan software pengembangan Spark AR Studio dengan metode
Multimedia Development Life Cycle (MDLC) Luther - Sutopo, kemudian dilakukan pengujian pada
filter menggunakan 2 (dua) buah metode, yaitu: blackbox, dan usabilty dengan hasil yang
menunjukan bahwa filter ini dinilai sangat baik serta layak untuk didistribusikan.
Hasil distribusi filter selama 28 hari terhitung dari tanggal 20 Juni 2021 sampai dengan
18 Juli 2021 menunjukan banyaknya angka jangkauan penyebaran informasi atau impresi filter
yaitu 1200 kali dilihat oleh pengguna, banyaknya filter digunakan oleh pengguna sebanyak 695
kali, banyaknya filter direkam pada layar ponsel sebanyak 242 kali, banyaknya rekaman filter
disimpan sebanyak 9 kali dan dibagikan oleh pengguna sebanyak 16 kali.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Augmented Reality, Spark AR, game, edukatif, narkoba. |
Subjects: | Engineering |
Divisions: | Faculty of Engineering > Department of Computer Engineering |
Depositing User: | Teknik Komputer |
Date Deposited: | 27 Mar 2023 06:19 |
Last Modified: | 25 May 2023 02:48 |
URI: | https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/12184 |
Actions (login required)
View Item |