Search for collections on Undip Repository

HUBUNGAN FAKTOR RISIKO DENGAN SURVIVAL RATE KARSINOMA NASOFARING DI RSUP Dr. KARIADI

Liemiyah, Rikha and Ruspita, Dian Ayu and Naftali, Zulfikar and Muyassaroh, Muyassaroh and Farokah, Farokah (2022) HUBUNGAN FAKTOR RISIKO DENGAN SURVIVAL RATE KARSINOMA NASOFARING DI RSUP Dr. KARIADI. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text (Karsinoma Nasofaring (KNF) merupakan salah satu kanker paling prevalen di Indonesia. Faktor prognostik KNF sangat penting untuk merencanakan dan memodifikasi pengobatan. Pengobatan KNF dapat dievaluasi dengan survival rate pasien KNF.)
ABSTRAK.pdf

Download (83kB)
[img] Text
RIKHA LIEMIYAH-22040818320005-TESIS-ABSTRAK.docx

Download (17kB)

Abstract

ABSTRAK

Latar Belakang: Karsinoma Nasofaring (KNF) merupakan salah satu kanker paling prevalen di Indonesia. Faktor prognostik KNF sangat penting untuk merencanakan dan memodifikasi pengobatan. Pengobatan KNF dapat dievaluasi dengan survival rate pasien KNF.
Tujuan: Mengetahui survival rate KNF dan hubungan faktor risiko dengan survival rate di Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Dr. Kariadi.
Metode: studi observasional cohort retrospektif ini menggunakan data pasien yang terdiagnosis KNF di RSUP Dr. Kariadi, dengan kriteria inklusi-eksklusi yang telah ditentukan. Faktor-faktor risiko yang dinilai antara lain stadium KNF, umur, jenis kelamin, histopatologi, dan penyakit penyerta. Waktu follow-up analisis suvival penelitian ini adalah 3 tahun. Analisis survival penelitian menggunakan analisis nonparametrik (log rank test) dan semiparametrik (regresi cox prortional hazard (PH)).
Hasil: Lima puluh pasien KNF memenuhi kriteria penelitian ini. Rata-rata follow up pasien KNF adalah 25.58 ± 8.37 bulan dan follow up terpendek adalah 10 bulan. Three years survival rate KNF dalam penelitian ini adalah 60.8%. Perbedaan survival antar kelompok pasien berdasarkan stadium KNF (awal dan lanjut), umur (18-45, 46-60, dan >60), jenis kelamin, histopatologi (WHO I dan WHO II-III), dan penyakit penyerta (tidak ada dan ada) tidak signifikan secara statistik (p > 0.05). Stadium KNF, umur, jenis kelamin, histologi KNF, dan penyakit penyerta tidak berhubungan dengan survival pasien KNF pada model unadjusted cox PH (p > 0.05). Stadium KNF, umur, jenis kelamin, histopatologi, dan penyakit penyerta juga tidak berhubungan dengan survival pasien KNF pada model cox adjusted PH (p > 0.05).
Kesimpulan: Stadium KNF, umur, jenis kelamin, histopatologi, dan penyakit penyerta tidak berhubungan survival rate.
Kata Kunci: karsinoma nasofaring, survival rate, faktor risiko.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: karsinoma nasofaring, survival rate, faktor risiko.
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Master Program of Specialist Medical
Depositing User: Upload Mandiri FK
Date Deposited: 15 Jan 2024 07:02
Last Modified: 15 Jan 2024 07:02
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/12157

Actions (login required)

View Item View Item