Search for collections on Undip Repository

ANALISIS PELAKSANAAN INOVASI PENINGKATAN INDEKS KELUARGA SEHAT DI DINAS KESEHATAN KOTA SEMARANG

WAHYUNI, AMALIA ROHMAH NUR (2023) ANALISIS PELAKSANAAN INOVASI PENINGKATAN INDEKS KELUARGA SEHAT DI DINAS KESEHATAN KOTA SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text
REPO AMALIA ROHMAH.pdf - Published Version

Download (365kB)

Abstract

Kota Semarang telah berhasil mencapai kategori sehat dalam Indeks Keluarga Sehat (IKS) yaitu sebesar 0,807 pada tahun 2023. Keberhasilan tersebut dilatarbelakangi oleh diluncurkannya serangkaian inovasi peningkatan IKS berupa Target Puskesmas, Desk Puskesmas PIS-PK, dan Pengaktifan Tim Pembina Wilayah PIS-PK. Oleh karena itu, diperlukan penelitian untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan pelaksanaan inovasi peningkatan IKS di Dinas Kesehatan Kota Semarang sebagai gambaran bagi Dinas Kesehatan lainnya dalam mewujudkan inovasi peningkatan IKS yang berhasil. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif yang bertujuan untuk menganalisis pelaksanaan inovasi peningkatan IKS di Dinas Kesehatan Kota Semarang. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi dan wawancara mendalam dengan informan yang dipilih dengan teknik Purposive Sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi pelaksanaan inovasi peningkatan IKS yaitu berupa aspek input yang terdiri dari sumber daya manusia, dana, sarana prasarana, kebijakan dan SOP/Pedoman. Aspek proses yang meliputi agenda setting, matcing, redefining/restructuring, clarifying, dan routinizing. Selain itu ditemukan faktor lainnya dalam aspek output berupa dukungan dari DInas Kesehatan Provinsi, komitmen pelaksana dan sasaran inovasi, kerja sama tim, kepemimpinan, kerja sama lintas bidang dan lintas sektor, serta inovasi dan program yang saling terintegrasi. Ditemukan pula faktor penghambat pelaksanaan inovasi yang berupa kesibukan SDM pelaksana, penggantian penanggung jawab PIS-PK di puskesmas, sarana prasarana puskesmas, pandemi Covid-19, banyaknya kegiatan atau program di puskesmas, dan ketersediaan Pinkesga.
Kata kunci: Dinas Kesehatan Kota, Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga (PIS-PK), Indeks Keluarga Sehat, Inovasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Public Health
Divisions: Faculty of Public Health > Department of Public Health
Depositing User: endah nurkhayati
Date Deposited: 27 Mar 2023 01:58
Last Modified: 27 Mar 2023 01:58
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/12155

Actions (login required)

View Item View Item