Search for collections on Undip Repository

BESAR RISIKO KADAR HEMOGLOBIN YANG RENDAH DI TRIMESTER I TERHADAP KEJADIAN BERAT BADAN LAHIR BAYI RENDAH di Wilayah Kerja Puskesmas Sidoharjo, Kabupaten Sragen

Pamungkas, Lia Lesmana Wahyu and Subagio, Hertanto W and Candra, Aryu and Wiyati, Putri Sekar (2022) BESAR RISIKO KADAR HEMOGLOBIN YANG RENDAH DI TRIMESTER I TERHADAP KEJADIAN BERAT BADAN LAHIR BAYI RENDAH di Wilayah Kerja Puskesmas Sidoharjo, Kabupaten Sragen. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text (Abstrak KTI Lia Lesmana)
Abstrak KTI Lia Lesmana.pdf

Download (44kB)

Abstract

Latar Belakang : Kejadian BBLR (berat badan lahir rendah) di Indonesia masih tinggi. Salah satu penyebabnya adalah anemia atau kadar Hb yang rendah pada ibu hamil.
Tujuan : Mengetahui besar risiko kadar hemoglobin yang rendah di trimester I dengan kejadian berat badan lahir bayi rendah di wilayah kerja Puskesmas Sidoharjo, Kabupaten Sragen.
Metode : Penelitian ini menggunakan desain case-control dengan jumlah sampel sebanyak 15 sampel untuk kelompok kasus dan 30 sampel untuk kelompok kontrol. Data yang diambil adalah kadar Hb yang dibagi dalam 3 kelompok berupa anemia ringan, sedang, dan berat, serta data BBLR dan tidak BBLR. Uji statistik yang digunakan adalah uji chi-square.
Hasil : Hasil penelitian menunjukkan anemia sedang/berat sebanyak 33 (73,3%) dan anemia ringan sebanyak 12 (26,7%). Pada variabel confounding ditemukan status gizi untuk kelompok KEK sebanyak 9 (20%) dan tidak KEK sebanyak 36 (80%), usia kelompok berisiko tinggi sebanyak 6 (13,3%) dan tidak berisiko 36 (86,7%), serta paritas kelompok multipara sebanyak 22 (48,9%) dan kelompok primipara sebanyak 23 (51,1%). Didapatkan hubungan antara kadar hemoglobin yang rendah di trimester I dengan kejadian BBLR. Diperoleh ketiga variabel counfounding yang meliputi status gizi, usia ibu, dan paritas tidak berhubungan terhadap kejadian BBLR. Anemia sedang/berat berisiko 8,11 kali menimbulkan BBLR dibandingkan anemia ringan.
Kesimpulan : Anemia sedang/berat pada ibu hamil trimester I berisiko 8,11 kali menimbulkan kejadian BBLR dibandingkan dengan anemia ringan.
Kata kunci : hemoglobin, anemia, berat bayi lahir rendah, kehamilan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Doctor Program of Medical Science
Depositing User: Upload Mandiri FK
Date Deposited: 30 Mar 2023 06:35
Last Modified: 30 Mar 2023 06:35
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/12153

Actions (login required)

View Item View Item