Search for collections on Undip Repository

GAME “BATTLE OF SEMARANG” SEBAGAI MEDIA EDUKASI PERTEMPURAN LIMA HARI DI SEMARANG MENGGUNAKAN UNITY

Haramaini, Daffa Shidqi (2021) GAME “BATTLE OF SEMARANG” SEBAGAI MEDIA EDUKASI PERTEMPURAN LIMA HARI DI SEMARANG MENGGUNAKAN UNITY. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text
JUDUL.pdf

Download (222kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (26kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (214kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (650kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (59kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (27kB)

Abstract

Bangsa Indonesia mempunyai sejarah yang panjang dalam meraih kemerdekaan. Terdapat
berbagai pertempuran yang terjadi setelah kemerdekaan Indonesia, salah satu pertempuran yang
terjadi yaitu Pertempuran Lima Hari di Semarang. Sejarah mempunyai peran yang penting dalam
sebuah bangsa. Namun, dalam pembelajaran sejarah yang diberikan saat ini terlihat
membosankan, kurang menarik dan sulit untuk dipelajari. Berdasarkan permasalahan tersebut,
dirancanglah sebuah game dengan judul “Battle of Semarang”. Tujuan dari penelitian ini, yaitu
membuat sebuah game yang dapat memberikan edukasi mengenai peristiwa Pertempuran Lima
Hari di Semarang serta menganalisis faktor usability dalam game.
Game yang dibuat menggunakan game engine unity dengan bahasa pemrograman C# serta
menggunakan metode Game Development Life Cycle yang diusulkan oleh Rido Ramadan and Yani
Widyani. Game tersebut kemudian dilakukan pengujian menggunakan tiga metode yaitu: metode
kotak hitam, metode usability, dan metode pra-uji dan pasca uji.
Dari tiga metode pengujian tersebut didapatkan hasil yaitu: pada pengujian kotak hitam
mendapatkan hasil akhir semua fungsi dapat berjalan sesuai dengan yang diharapkan, sedangkan
pada pengujian usability mendapatkan rata-rata nilai sebesar 89,3% dengan artian game sudah
memenuhi kategori sangat baik dalam aspek kegunaan, kemudahan, dan kepuasan terhadap
pengguna, serta pengujian pra-uji dan pasca-uji mendapatkan hasil nilai probabilitas (Asymp.sig)
sebesar 0.000002 dengan artian game ini berpengaruh terhadap pemberian edukasi mengenai
pertempuran lima hari di semarang.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Game Edukasi, Pertempuran Lima hari di Semarang, Game Development Life Cycle, Unity
Subjects: Engineering
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Computer Engineering
Depositing User: Teknik Komputer
Date Deposited: 24 Mar 2023 07:14
Last Modified: 10 May 2023 02:37
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/12132

Actions (login required)

View Item View Item