Search for collections on Undip Repository

HUBUNGAN INTENSITAS KEBISINGAN, KARAKTERISTIK INDIVIDU, DAN SHIFT KERJA TERHADAP STRES KERJA PEKERJA BAGIAN PRODUKSI PABRIK ES BALOK DI LAMONGAN

UTOMO, SAYYID AGUNG WAHYU (2023) HUBUNGAN INTENSITAS KEBISINGAN, KARAKTERISTIK INDIVIDU, DAN SHIFT KERJA TERHADAP STRES KERJA PEKERJA BAGIAN PRODUKSI PABRIK ES BALOK DI LAMONGAN. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text
REPO SAYYID.pdf - Published Version

Download (436kB)

Abstract

Stres kerja merupakan perasaan tertekan yang dialami pekerja dalam menghadapi pekerjaan. Aktivitas pekerjaan yang banyak dan berat, pekerjaan yang monoton ditambah bekerja di lingkungan yang bising dapat menjadi beban kerja bagi pekerja yang dapat menyebabkan stres kerja. Menurut National Safety Council penyebab stres kerja dibedakan menjadi tiga karakteristik, yaitu oraganisasi, individu dan lingkungan. Karakteristik organisasi meliputi karier, beban kerja, interaksi dan shift kerja. Karakteristik individu yang meliputi dukungan keluarga, motivasi kerja, masa kerja, usia dan jenis kelamin. Karakteristik lingkungan yang meliputi kebisingan ataupun polusi. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis hubungan intensitas kebisingan, karakteristik individu dan shift kerja terhadap stres kerja pekerja bagian produksi pabrik es balok di Lamongan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan survei analitik melalui pendekatan cross sectional. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik total sampling. Sampel yang digunakan sebanyak 38 pekerja bagian produksi dengan instrumen penelitian berupa kuesioner (SDS) Survei Diagnostik Stres dari Peraturan Menteri Ketenagakerjaan Republik Indonesia no 5 tahun 2018 dan sound level meter untuk mengukur kebisingan. Analisis data penelitian ini dengan univariat dan bivariat menggunakan uji chi square. Hasil penelitan terhadap responden menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara masa kerja (p=0,002), status pernikahan (p=0,027), dan intensitas kebisingan (p=0,009) terhadap terhadap stress kerja pekerja bagian produksi pabrik es balok di Lamongan. Namun, tidak terdapat hubungan antara usia (p=0,444) dan shift kerja (p=0,536) terhadap stres kerja pekerja bagian produksi pabrik es balok di Lamongan.
Kata kunci : stres kerja, karakteristik individu, kebisingan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Public Health
Divisions: Faculty of Public Health > Department of Public Health
Depositing User: endah nurkhayati
Date Deposited: 24 Mar 2023 06:26
Last Modified: 24 Mar 2023 06:26
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/12128

Actions (login required)

View Item View Item