Search for collections on Undip Repository

HUBUNGAN SISTEM KERJA SHIFT, DURASI KERJA, DAN KUALITAS TIDUR DENGAN KELELAHAN PEKERJA DI WAREHOUSE EKSPEDISI PT X JAKARTA TIMUR

YUNIAR, ADELIA ISNIN (2023) HUBUNGAN SISTEM KERJA SHIFT, DURASI KERJA, DAN KUALITAS TIDUR DENGAN KELELAHAN PEKERJA DI WAREHOUSE EKSPEDISI PT X JAKARTA TIMUR. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text
REPO ADELIA ISNIN.pdf - Published Version

Download (441kB)

Abstract

PT X merupakan salah satu perusahaan jasa ekspedisi yang menerapkan sistem shift dan dengan durasi tiap shift lebih dari 8 jam. Proses kerja pada warehouse PT X mengandalkan gerakan fisik, seperti memindahkan paket dari truk, menyortir paket, memasukkan paket ke karung, melakukan packing kayu, dan memindahkan paket ke truk. Kelelahan kerja merupakan keluhan yang sering dirasakan oleh pekerja warehouse. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui dan menganalisis hubungan antara sistem kerja shift, durasi kerja, dan kualitas tidur dengan kelelahan pekerja di warehouse ekspedisi PT X. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan metode analitik observasional dan digunakan pendekatan cross sectional. Variabel penelitian yaitu sistem kerja shift, durasi kerja, kualitas tidur dan kelelahan pekerja. Penelitian ini dilakukan di warehouse PT X, Jakarta Timur dengan sampel penelitian sejumlah 34 pekerja dengan menggunakan teknik purposive sampling. Pengukuran kualitas tidur menggunakan kuesioner Pittsburgh Sleep Quality Index (PSQI) dan kelelahan kerja diukur dengan aplikasi Reaction Timer. Hasil uji statistik chi-square menunjukkan terdapat hubungan antara sistem kerja shift (p-value = 0,036), kualitas tidur (p-value = 0,001), dan tidak ada hubungan antara durasi kerja (p-value = 0,500) dengan kelelahan kerja. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu kelelahan pekerja dipengaruhi oleh sistem kerja shift dan kualitas tidur, sedangkan durasi kerja bukan faktor utama kejadian kelelahan kerja.
Kata kunci: shift kerja, durasi kerja, kualitas tidur, kelelahan kerja

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Public Health
Divisions: Faculty of Public Health > Department of Public Health
Depositing User: endah nurkhayati
Date Deposited: 24 Mar 2023 02:55
Last Modified: 24 Mar 2023 02:55
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/12119

Actions (login required)

View Item View Item