Search for collections on Undip Repository

HUBUNGAN KARAKTERISTIK, PENGETAHUAN, DAN PERILAKU PEKERJA TERHADAP KEJADIAN MINOR INJURY PADA INDUSTRI KNALPOT X DI PURBALINGGA

SALSABILA, INTAN (2023) HUBUNGAN KARAKTERISTIK, PENGETAHUAN, DAN PERILAKU PEKERJA TERHADAP KEJADIAN MINOR INJURY PADA INDUSTRI KNALPOT X DI PURBALINGGA. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text
REPO INTAN SALSABILA.pdf - Published Version

Download (437kB)

Abstract

Kabupaten Purbalingga terkenal dengan sentra industri knalpot yang memproduksi berbagai macam knalpot dengan kualitas tinggi. Industri ini merupakan industry informal rumahan yang telh digeluti warga sejak berpuluh tahun silam. Tahapan kerja dan penggunaan alat-alat kerja serta bahan material berupa pelat besi berisiko menimbulkan kejadian kecelakaan kerja berupa minor injury. Minor injury atau cedera ringan adalah sebuah kondisi cedera akibat kecelakaan kerja yang tidak menjadi penyebab bagi pekerja untuk kehilangan hari kerja lebih dari 2x24 jam. Penelitian ini dilatarbelakangi karena banyaknya pekerja yang mengalami kejadian minor injury pada saat proses kerja karena kondisi pelat pelat besi yang tajam. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis. Penelitian ini dilakukan secara kuantitatif metode survei analitik dengan pendekatan Cross Sectional Study menggunakan alat ukur penelitian berupa kuesioner. Teknik pengambilan sampel menggunakan Teknik total sampling dengan sampel yang digunakan yaitu sejumlah 35 pekerja pembuat knalpot.Analisis data penelitian menggunakan uji chi-square dan menunjukkan hasil terdapat hubungan antara usia (p-value = 0,012), pengetahuan (p-value = 0,003) dan perilaku (p-value = 0,012) dengan kejadian minor injury. Namun, tidak terdapat hubungan antara masa kerja (p-value = 0.126) dan waktu kerja (p-value = 1) dengan kejadian minor injury.
Kata kunci : minor injury, pengetahuan, perilaku, pembuat knalpot

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Public Health
Divisions: Faculty of Public Health > Department of Public Health
Depositing User: endah nurkhayati
Date Deposited: 24 Mar 2023 02:32
Last Modified: 24 Mar 2023 02:32
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/12115

Actions (login required)

View Item View Item