Search for collections on Undip Repository

HUBUNGAN KECANDUAN SMARTPHONE DENGAN KUALITAS TIDUR

Basuki, Bhagas and Sumekar, Tanjung Ayu and Purwoko, Yosef and Hardian, Hardian (2023) HUBUNGAN KECANDUAN SMARTPHONE DENGAN KUALITAS TIDUR. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text (ABSTRAK-KTI)
YOHANES A DEO BHAGAS-22010119130113-KTI-ABSTRAK.pdf

Download (461kB)

Abstract

Latar belakang: Gangguan tidur merupakan permasalahan umum saat ini. Salah satu penyebab terjadinya gangguan tidur adalah penggunaan perangkat elektronik terutama smartphone. Dikatakan bahwa paparan cahaya biru dapat mengurangi atau menunda produksi alami melatonin di malam hari dan mengurangi rasa kantuk sehingga durasi tidur berkurang yang menyebabkan kualitas tidur menurun.
Tujuan: Mengetahui hubungan kecanduan smartphone dengan kualitas tidur.
Metode: Penelitian ini menggunakan data dari tujuh artikel untuk systematic review dan tiga artikel untuk meta-analisis dari tahun 2018-2023. Pencarian literatur dilakukan berdasarkan diagram PRISMA 2020. Data status kecanduan smartphone serta skor PSQI diekstraksi dengan formulir ekstraksi data dari cochrane library yang dimodifikasi. Pengolahan hasil meta-analisis digunakan fixed effect model dengan melihat nilai overall.
Hasil: Kelompok dengan kecanduan smartphone memiliki skor PSQI yang lebih tinggi dan konsisten pada semua studi. Data yang digunakan pada meta-analisis bersifat homogen (I2 = 36,470). Nilai overall -0,718±0,084 yang berarti skor PSQI pada kelompok yang kecanduan smartphone adalah lebih tinggi dibanding kelompok yang tidak kecanduan smartphone dan secara statistik perbedaan tesebut adalah bermakna (p<0,001).
Kesimpulan: Terdapat hubungan yang signifikan antara kecanduan smartphone dengan kualitas tidur.
Kata kunci: kecanduan smartphone, kualitas tidur

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: kecanduan smartphone, kualitas tidur
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Department of Medicine
Depositing User: Upload Mandiri FK
Date Deposited: 27 Mar 2023 04:57
Last Modified: 27 Mar 2023 04:57
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/12105

Actions (login required)

View Item View Item