Search for collections on Undip Repository

PENGARUH PEMBERIAN N-ACETYLCYSTEINE ETHYL ESTER TERHADAP EKSPRESI VASCULAR ENDOTHELIAL GROWTH FACTOR DAN CASPASE-3 SEL GANGLION RETINA TIKUS WISTAR MODEL HIPERGLIKEMIA

Putra, Prianka Bayu and Wildan, Arief and Maharani, Maharani (2023) PENGARUH PEMBERIAN N-ACETYLCYSTEINE ETHYL ESTER TERHADAP EKSPRESI VASCULAR ENDOTHELIAL GROWTH FACTOR DAN CASPASE-3 SEL GANGLION RETINA TIKUS WISTAR MODEL HIPERGLIKEMIA. Masters thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text (Abstrak Tesis - dr. Prianka Bayu Putra)
Abstrak Tesis - dr. Prianka Bayu Putra.pdf

Download (32kB)

Abstract

Pendahuluan : Diabetes mellitus adalah salah satu penyakit yang menjadi masalah utama kesehatan bagi penduduk dunia karena komplikasinya dapat menyebabkan kebutaan, penyakit ginjal, dan penyakit jantung. Pada kondisi hiperglikemia terjadi kelainan mikrovaskular dan neurodegenerasi sel-sel retina yang terjadi lebih dahulu daripada kelainan lainnya. Salah satu penyebab kerusakan tersebut adalah meningkatnya ekspresi VEGF dan caspase-3 yang pada akhirnya akan menyebabkan kerusakan RGC. NACET adalah suatu antioksidan yang memiliki memiliki efek neuroprotektif dari kerusakan oxidative stress yang diperantarai oleh ROS pada RGC.
Tujuan : Membuktikan ekspresi VEGF dan caspase-3 sel ganglion retina tikus Wistar model hiperglikemia dengan pemberian NACET lebih rendah dibandingkan kontrol.
Metode : Telah dilakukan penelitian eksperimental dengan rancangan post-test only randomized controlled group terhadap 14 tikus Wistar jantan yang dibuat hiperglikemia dengan induksi STZ, dibagi menjadi 2 kelompok. Kelompok perlakuan diberi NACET oral 50 mg/kgBB setiap 24 jam selama 6 minggu, sedangkan kelompok kontrol diberikan PBS selama 6 minggu. Penilaian ekspresi VEGF dan caspase-3 pada sel ganglion retina dilakuakn dengan pemeriksaan PCR. Analisa statistik dilakukan untuk menilai korelasi antara ekspresi VEGF dengan ekspresi caspase-3 RGC.
Hasil : Ekspresi VEGF kelompok perlakuan lebih tinggi daripada kelompok kontrol dengan perbedaan yang signifikan (p<0,005). Ekspresi caspase-3 kelompok perlakuan lebih rendah daripada kelompok kontrol dengan perbedaan yang signifikan (p<0,005). Terdapat korelasi yang signifikan antara ekspresi VEGF dengan ekspresi caspase-3 pada kelompok perlakuan (p=0,027) dengan arah korelasi positif kuat (r= 0,633)
Kesimpulan : NACET oral menekan ekspresi VEGF dan caspase-3 di sel ganglion retina pada tikus wistar model glaukoma dengan induksi STZ.
Kata Kunci : NACET, VEGF, Sel Ganglion Retina, Retinopati Diabetika, Caspase-3

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: NACET, VEGF, Sel Ganglion Retina, Retinopati Diabetika, Caspase-3
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Master Program of Specialist Medical
Depositing User: Upload Mandiri FK
Date Deposited: 29 Mar 2023 01:47
Last Modified: 29 Mar 2023 01:47
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/12103

Actions (login required)

View Item View Item