Search for collections on Undip Repository

Hubungan antara Konformitas Teman Sebaya dengan Perilaku Konsumtif terhadap Merchandise pada Anggota Komunitas Carat di Kota Semarang

Andini, Vika Fitri and Indrawati, Endang Sri (2023) Hubungan antara Konformitas Teman Sebaya dengan Perilaku Konsumtif terhadap Merchandise pada Anggota Komunitas Carat di Kota Semarang. Undergraduate thesis, Undip.

[img] Text
abstract.pdf

Download (117kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara konformitas teman sebaya dengan perilaku konsumtif terhadap Merchandise pada anggota komunitas carat di Kota Semarang. Perilaku konsumtif adalah kegiatan individu ketika membeli barang atau jasa yang terlalu berlebihan tanpa dipikirkan secara rasional, untuk memenuhi kepuasan maksimal dalam diri. Konformitas teman sebaya adalah sikap individu yang dipengaruhi oleh teman sebaya agar perilaku dan kepercayaannya sama serta identik dengan lingkungan teman sebaya, sehingga sesuai dengan standar kelompok teman sebaya yang diikutinya. Sampel penelitian sebanyak 161 anggota komunitas carat di Kota Semarang yang diperoleh dengan menggunakan teknik purposive sampling. Alat ukur yang digunakan adalah Skala Konformitas Teman Sebaya (27 aitem, α = 0,894) dan Skala Perilaku Konsumtif terhadap Merchandise (27 aitem, α = 0,929). Berdasarkan analisis data menggunakan analisis regresi dapat diketahui bahwa koefisien korelasi sebesar rxy = 0,219 dengan tingkat signifikansi sebesar p=0,005 (p<0,05). Hasil analisis tersebut menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif antara konformitas teman sebaya dengan perilaku konsumtif terhadap Merchandise pada anggota komunitas carat di Kota Semarang. Sumbangan efektif konformitas teman sebaya terhadap perilaku konsumtif terhadap Merchandise sebesar 4,8%, sedangkan sisanya adalah faktor lain yang tidak diungkap dalam penelitian ini.

Kata kunci : konformitas teman sebaya, perilaku konsumtif terhadap Merchandise, komunitas carat

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Fakultas Psikologi
Date Deposited: 05 Feb 2024 07:52
Last Modified: 05 Feb 2024 07:52
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/12101

Actions (login required)

View Item View Item