Search for collections on Undip Repository

HUBUNGAN ANTARA EFIKASI DIRI DALAM MENGAMBIL KEPUTUSAN KARIR DAN ORIENTASI MASA DEPAN PADA ANGGOTA ORGANISASI AIESEC SEMARANG

Tarigan, Mentari and Sawitri, Dian Ratna (2023) HUBUNGAN ANTARA EFIKASI DIRI DALAM MENGAMBIL KEPUTUSAN KARIR DAN ORIENTASI MASA DEPAN PADA ANGGOTA ORGANISASI AIESEC SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

Full text not available from this repository.

Abstract

Anggota organisasi AIESEC Semarang merupakan mahasiswa organisatoris yang aktif dalam organisasi AIESEC Semarang. Menyandang gelar mahasiswa memiliki tantangan tersendiri salah satunya memiliki gambaran masa depan yang akan direalisasikan sebagai karir mereka. Gambaran masa depan ini disebut juga sebagai orientasi masa depan. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui hubungan antara efikasi diri dalam mengambil keputusan karir dan orientasi masa depan mahasiswa anggota Organisasi AIESEC Semarang. Populasi penelitian adalah sebanyak 98 mahasiswa dan melibatkan subjek penelitian sebanyak 60 mahasiswa yang diambil menggunakan teknik convenience sampling. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini adalah Skala Efikasi Diri dalam Mengambil Keputusan Karir (35 aitem, α = 0,939) dan Skala Orientasi Masa Depan (35 aitem, α = 0,940). Analisis regresi sederhana menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif yang signifikan antara efikasi diri dalam mengambil keputusan karir dan orientasi masa depan (r = 0,795; p < 0,001). Artinya, semakin positif efikasi diri dalam mengambil keputusan karir maka semakin positif pula orientasi masa depan mahasiswa anggota organisasi AIESEC Semarang. Efikasi diri dalam mengambil keputusan karir memberi nilai sumbangan efektif sebesar 63,2% terhadap orientasi masa depan mahasiswa dalam penelitian ini.
Kata kunci: efikasi diri dalam mengambil keputusan karir, orientasi masa depan, mahasiswa

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Fakultas Psikologi
Date Deposited: 24 Mar 2023 02:24
Last Modified: 24 Mar 2023 02:24
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/12100

Actions (login required)

View Item View Item