Search for collections on Undip Repository

Efek Penambahan Kinesio Taping terhadap Perbaikan Spastisitas Otot Ekstremitas Bawah Pasien Pasca Stroke yang Mendapatkan Infrared dan Latihan Peregangan

Riswanti, Andirezeki and Tjandra, Robby and Julianti, Hari Peni (2022) Efek Penambahan Kinesio Taping terhadap Perbaikan Spastisitas Otot Ekstremitas Bawah Pasien Pasca Stroke yang Mendapatkan Infrared dan Latihan Peregangan. Masters thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text (ABSTRAK-KTI)
ABSTRAK-KTI.pdf

Download (12kB)

Abstract

Latar belakang : Pada stroke dapat terjadi gejala seperti spastisitas. Salah satunya dapat terjadi di bagian otot plantar flexor (66%). Pemanasan dan peregangan merupakan teknik yang digunakan untuk penanganan spastisitas. Pemanasan yang sering digunakan adalah infrared. Kinesio Taping adalah suatu metode terapi pada kulit dengan menggunakan elastic tape yang dapat ditambahkan pada terapi infrared dan latihan peregangan. Penambahan Kinesio Taping ini diharapkan terjadi penurunan spastisitas otot plantar flexor yang diukur dengan tardieu scale sehingga memperbaiki fungsional berjalan.

Tujuan : Membuktikan efek penambahan Kinesio Taping terhadap perbaikan spastisitas otot ekstremitas bawah pada pasien pasca stroke yang mendapatkan infrared dan latihan peregangan.

Metode : Penelitian ini quasi experimental pre test and post test with controlled group design. Pasien pasca stroke dibagi 2 kelompok, yaitu kelompok kontrol (16 orang) dan kelompok perlakuan yang mendapat penambahan Kinesio Taping (16 orang). Tardieu scale diukur sebelum dan sesudah 6 minggu perlakuan.

Hasil : Terdapat perbedaan bermakna rerata Tardieu scale (baik pada kualitas tahanan dan selisih sudut tahanan) sebelum dan sesudah perlakuan pada kelompok intervensi (p < 0,05) dan kelompok kontrol (p < 0,05) serta terdapat perbedaan bermakna delta Tardieu scale antar kedua kelompok (p < 0,05).

Simpulan : Penambahan Kinesio Taping terbukti lebih besar menurunkan spastisitas otot plantar flexor pada pasien pasca stroke

Kata kunci: pasca stroke, spastisitas, Kinesio Taping

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: pasca stroke, spastisitas, Kinesio Taping
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Master Program of Specialist Medical
Depositing User: Upload Mandiri FK
Date Deposited: 28 Mar 2023 03:04
Last Modified: 28 Mar 2023 03:04
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/12093

Actions (login required)

View Item View Item