Search for collections on Undip Repository

EFEK PENAMBAHAN KINESIOTAPING TERHADAP PERBAIKAN KETANGKASAN TANGAN PASIEN PASCA STROKE YANG MENDAPATKAN INFRARED DAN LATIHAN PEREGANGAN

SAREBNI, IRSALINA SAVIRAH and Indriastuti, Lanny and Setiawati, Erna (2022) EFEK PENAMBAHAN KINESIOTAPING TERHADAP PERBAIKAN KETANGKASAN TANGAN PASIEN PASCA STROKE YANG MENDAPATKAN INFRARED DAN LATIHAN PEREGANGAN. Masters thesis, UNIVERSITAS DIPONEGORO.

[img] Text (IRSALINA SAVIRAH SAREBNI-22041418320012-ABSTRAK-THESIS)
IRSALINA SAVIRAH SAREBNI-22041418320012-TESIS-ABSTRAK.pdf

Download (148kB)

Abstract

ABSTRAK

Latar belakang: Teknik yang sering digunakan untuk meningkatkan ketangkasan tangan pasien pasca stroke adalah pemanasan dengan infrared dan latihan peregangan. Kepatuhan latihan peregangan di rumah pada pasien di negara berkembang cenderung lebih rendah, sehingga dibutuhkan intervensi tambahan meskipun tidak dalam mode latihan yaitu dengan kinesio taping.
Tujuan: Membuktikan efek penambahan Kinesio Taping terhadap perbaikan ketangkasan tangan pada pasien pasca stroke yang mendapatkan infrared dan latihan peregangan.
Metode: Penelitian quasi experimental pre-test and post-test with controlled group design dengan membandingkan penambahan Kinesio Taping pada pasien pasca stroke yang dilakukan pada bulan April-Agustus 2022 di Poliklinik Rawat Jalan Rehabilitasi Medik RSUD KRMT Wongsonegoro Semarang. Sampel penelitian adalah pasien pasca stroke yang dibagi menjadi 2 kelompok. Pada kelompok perlakuan, partisipan mendapatkan pemasangan Kinesio Taping, terapi infrared dan latihan peregangan, sedangkan pada kelompok kontrol hanya mendapatkan terapi infrared dan latihan peregangan.
Hasil: Total subyek penelitian adalah 32 orang pasien pasca stroke, dibagi secara acak ke dalam kelompok kontrol dan kelompok perlakuan dengan jumlah subyek 16 orang dalam masing-masing kelompok. Pada akhir penelitian, terdapat perbedaan bermakna pada perbandingan rerata penurunan (delta) skor Nine Peg Hole Test kedua kelompok yaitu pada kelompok perlakuan -12,75±3,32 detik dan pada kelompok kontrol -7,06±3,11 detik. rerata Nine Peg Hole Test (p < 0,05).
Simpulan: Terdapat perbedaan perbaikan bermakna pada ketangkasan tangan pasien pasca stroke yang mendapat penambahan Kinesio Taping dibandingkan dengan yang mendapatkan infrared dan latihan peregangan saja.
Kata kunci: ketangkasan tangan, kinesio taping, stroke

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: ketangkasan tangan, kinesio taping, stroke
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Master Program of Specialist Medical
Depositing User: Upload Mandiri FK
Date Deposited: 15 Jan 2024 07:01
Last Modified: 15 Jan 2024 07:01
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/12065

Actions (login required)

View Item View Item