Search for collections on Undip Repository

Perbandingan Efektivitas High Intensity Laser Therapy dan Low Level Laser Therapy terhadap Nilai Hs-CRP Pasien Osteoartritis Lutut

Rahmah, Ayu Lidya and Kesoema, Tanti and Putri, Rahmi Isma Asmara (2022) Perbandingan Efektivitas High Intensity Laser Therapy dan Low Level Laser Therapy terhadap Nilai Hs-CRP Pasien Osteoartritis Lutut. Masters thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text (AYU LIDYA RAHMAH-2204141830010-TESIS-ABSTRAK)
AYU LIDYA RAHMAH-22041418320010-TESIS-ABSTRAK.pdf

Download (36kB)

Abstract

Latar Belakang : Osteoarthritis (OA) lutut adalah bentuk arthritis yang paling umum dan menyebabkan nyeri muskuloskeletal kronis dan disabilitas. Salah satu modalitas non farmakologis tatalaksana dari OA adalah terapi laser. Low level laser therapy (LLLT) telah secara luas digunakan pada pasien OA lutut, namun belakangan ini high intensity laser therapy (HILT) mulai digunakan dalam terapi fisik dengan keunggulan pada jangkauan yang lebih luas dan dalam. High-Sensitivity C-Reactive Protein (hs-CRP) merupakan marker inflamasi sistemik yang berhubungan dengan progresifitas dan keparahan dari OA
Tujuan:Mengetahui efek penggunaan terapi terapi LLLT dan HILT terhadap nilai hs-CRP pada pasien dengan OA lutut.
Metode:Penelitian ini merupakan randomized controlled trial pre-test and post-test controlled group design. Besar sampel didapatkan sebesar 27 subjek dan dibagi menjadi dua kelompok, kelompok LLLT (n=14) dan kelompok HILT (n=13)Setiap subjek mendapatkan sesi terapi laser sebanyak 2 kali seminggu selama 4 minggu. Subyek dilakukan pengukuran hs-CRP sebelum dan sesudah intervensi.
Hasil:Didapatkan perbedaan bermakna hs-CRP antara sebelum perlakuan dan sesudah perlakuan pada kelompok HILT (p=0,001) dengan selisih penurunan lebih banyak secara bermakna pada kelompok HILT dibandingkan dengan LLLT (p=0.003).
Kesimpulan:. Rerata penurunan nilai hs-CRP (pra dan pasca perlakuan) lebih besar pada kelompok HILT dibandingkan kelompok LLLT pada pasien OA lutut.
Kata kunci : Terapi Laser, Osteoatritis, High Sensitivity C-Reactive Protein, Sendi Lutut.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Terapi Laser, Osteoatritis, High Sensitivity C-Reactive Protein, Sendi Lutut
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Master Program of Specialist Medical
Depositing User: Upload Mandiri FK
Date Deposited: 27 Mar 2023 04:40
Last Modified: 27 Mar 2023 04:40
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/12064

Actions (login required)

View Item View Item