Search for collections on Undip Repository

Perbedaan Luaran Maternal dan Perinatal Kehamilan dengan Lupus Eritematosus Sistemik pada Rujukan Terencana dibandingkan dengan Rujukan Emergensi berdasarkan Maternal Fetal Triage Index di RSUP Dr Kariadi Semarang Tahun 2016-2021

Rachmadhini, Gayuh Tunggal and Wiyati, Putri Sekar and Hellmi, Rakhma Yanti (2022) Perbedaan Luaran Maternal dan Perinatal Kehamilan dengan Lupus Eritematosus Sistemik pada Rujukan Terencana dibandingkan dengan Rujukan Emergensi berdasarkan Maternal Fetal Triage Index di RSUP Dr Kariadi Semarang Tahun 2016-2021. Masters thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text (Abstrak tesis)
ABSTRAK-TESIS.pdf

Download (32kB)
[img] Text (ABSTRAK-TESIS)
ABSTRAK-TESIS.pdf

Download (32kB)

Abstract

Latar Belakang. Lupus Eritematosus Sistemik (LES) merupakan penyakit autoimun yang menyerang kulit dan sistem muskuloskeletal, ginjal, neuropsikiatri, hematologi, kardiovaskular, paru dan reproduksi. Pada kehamilan dengan LES, rujukan dini ke rumah sakit dengan keterlibatan dokter kandungan dan reumatologi ,dan spesialis lain yang diperlukan, serta rencana pengelolaan individu, tinjauan rutin, pengenalan dini flare dan komplikasi adalah penting. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil luaran terhadap maternal dan perinatal yang dirujuk dengan rujukan terencana dibandingkan rujukan emergensi khususnya pada pasien hamil dengan LES.

Metode. Jenis penelitian ini menggunakan metode analisis observasional dengan pendekatan kohort retrospektif yang menggunakan data sekunder dari rekam medik dengan total 40 subjek. Data dianalisis menggunakan software SPSS univariat dan bivariat untuk membedakan hasil luaran maternal dan perinatal pada rujukan terencana dan rujukan emergensi.

Hasil. Terdapat perbedaan yang signifikan antara rujukan terencana dan rujukan emergensi pada variabel kejadian preeklampsia berat dan eksaserbasi LES. Tidak terdapat perbedaan signifikan antara rujukan terencana dan rujukan emergensi pada variabel kejadian lupus nefritis, kematian maternal, kelahiran prematur, pertumbuhan janin terhambat, kematian janin, dan sindroma lupus neonatal.

Kesimpulan. Kejadian preeklampsia berat dan eksaserbasi LES lebih rendah pada rujukan terencana dibandingkan dengan rujukan emergensi pada kehamilan dengan Lupus Eritematosus Sistemik di RSUP Dr. Kariadi Semarang.

Kata kunci : Luaran Maternal, Luaran Perinatal, Lupus Eritematosus Sistemik, Rujukan Emergensi

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Luaran Maternal, Luaran Perinatal, Lupus Eritematosus Sistemik, Rujukan Emergensi
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Master Program of Specialist Medical
Depositing User: Upload Mandiri FK
Date Deposited: 03 Apr 2023 02:48
Last Modified: 03 Apr 2023 02:48
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/12048

Actions (login required)

View Item View Item