Search for collections on Undip Repository

HUBUNGAN ANTARA FEAR OF MISSING OUT (FOMO) DENGAN KEPUASAN HIDUP PADA MAHASISWA TAHUN PERTAMA FAKULTAS PSIKOLOGI UNIVERSITAS DIPONEGORO PENGGUNA MEDIA SOSIAL

Wirawan, Nabella Prinka Zahra and Kristiana, Ika Febrian (2023) HUBUNGAN ANTARA FEAR OF MISSING OUT (FOMO) DENGAN KEPUASAN HIDUP PADA MAHASISWA TAHUN PERTAMA FAKULTAS PSIKOLOGI UNIVERSITAS DIPONEGORO PENGGUNA MEDIA SOSIAL. Undergraduate thesis, Undip.

[img] Text
Abstrak BAB 1_Nabella Prinka.pdf

Download (153kB)

Abstract

Penggunaan media sosial saat ini merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari kehidupan sosial manusia. Melalui media sosial kepuasan hidup individu dapat terpengaruhi. Bagi individu yang tidak mampu menjalin relasi positif dengan orang lain, serta sulit menerima diri akan rentan terhadap Fear of Missing Out (FoMO). Penelitian ini telah dilakukan untuk menguji hubungan antara FoMO dengan kepuasan hidup pada mahasiswa tahun pertama Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro. Dari total 353 mahasiswa, 155 mahasiswa dijadikan sampel penelitian dengan Teknik purposive sampling. Alat ukur yang digunakan berupa skala FoMO- 12 (α = 0,809, 12 aitem), dan Satisfaction with life scale (SWLS) (α = 0,815, 5 aitem). Data yang diperoleh dari pengukuran dianalisis dengan JASP for macOS menggunakan teknik spearman rho. Hasil penelitian menemukan bahwa terdapat hubungan positif antara Fear of Missing Out (FoMO) dengan kepuasan hidup pada mahasiswa tahun pertama Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro pengguna media sosial (rxy = 0,337 p<0,01). Semakin tinggi FoMO, maka semakin tinggi pula kepuasan hidup mahasiswa tahun pertama Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro. Disarankan kepada peneliti selanjutnya yang ingin mengambil judul yang serupa untuk dapat mempertimbangkan penggunaan hasil penelitian ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Fakultas Psikologi
Date Deposited: 05 Feb 2024 07:49
Last Modified: 05 Feb 2024 07:49
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/12042

Actions (login required)

View Item View Item