Agung Setiawan, Alfanadi (2020) Perilaku Pedagang Kaki Lima Pada Trotoar Koridor Jalan Pandanaran. Masters thesis, Undip.
Full text not available from this repository.Abstract
Trotoar (pedestrian ways) adalah salah satu prasarana yang berguna untuk menunjang perkembangan dan efektifitas segala kegiatan pada skala kawasan. Keberadaan trotoar memiliki fungsi utama yakni mewadahi aktivitas pejalan kaki manusia dengan aman dan nyaman, sekaligus sebagai penghubung antar moda transportasi perkotaan. Seiring berjalannya waktu trotoar memunculkan berbagai aktivitas lain yang turut serta memanfaatkan keberadaan lalu lalang pejalan kaki, salah satunya yaitu PKL (Pedagang Kaki Lima). PKL berperan sebagai activity support bagi pejalan kaki dan pegiat ekonomi pada koridor tersebut. Aktivitas berdagang para PKL membutuhkan ruang yang luas, akan tetapi berbanding terbalik dengan ketersediaan lahan yang ada di trotoar. Mengingat keberadaan PKL di trotoar sesungguhnya adalah ilegal, sehingga mereka tidak bisa leluasa dalam menempatkan lapak dagangan. PKL dihadapkan padarealita ruang yang terbatas yang seringkali menimbulkan kesesakan/crowding dalam aktivitasnya. Pada akhirnya berdagang diantara street furniture yang ada dengan tetap memperhitungkan sirkulasi pejalan kaki adalah solusi yang diambil. Penggunaan street furniture seperti halte bus atau lampu pepenerangan sebagai bagian dari lapak PKL ditemukan di trotoar koridor jalan Pandanaran, Semarang. Penelitian ini memiliki tujuan untuk memberikan gambaran dan pemahaman sejauh mana perilaku PKL mempengaruhi tatanan setting di trotoar koridor Pandanaran. Terdapat dugaan bahwa objek street furniture memiliki kekuatan properti yang mampu mewadahi tuntutan atribut para PKL. Untuk menjawab dugaan tersebut digunakanlah kuesioner tertutup dan metode Person Centered Mapping untuk memperoleh data statistik maupun data gambar rekaman perilaku PKL dalam berdagang di trotoar. Data yang didapat kemudian dianalisis menggunakan metode analisis statistik deskriptif. Hingga nantinya dapat diketahui bahwa PKL menunjukkan perilaku adaptable atau unadaptable terhadap street furniture yang ada.
Kata Kunci : Perilaku, Persepsi, Atribut, Pedagang, Trotoar
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | Engineering > Architecture Engineering |
Divisions: | Faculty of Engineering > Master Program in Architecture |
Depositing User: | Users 187 not found. |
Date Deposited: | 16 Mar 2023 04:35 |
Last Modified: | 16 Mar 2023 04:35 |
URI: | https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/12040 |
Actions (login required)
View Item |