Search for collections on Undip Repository

PERENCANAAN PENGELOLAAN SAMPAH DOMESTIK KABUPATEN BATANG MENGGUNAKAN METODE MATERIAL FLOW ANALYSIS (MFA), LIFE CYCLE ASSESSMENT (LCA), DAN ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS (AHP)

Julianggara, Muhamad Iqbal and Haritsa, Rifda Tsaqifarani and Nugraha, Za'im Faliq (2023) PERENCANAAN PENGELOLAAN SAMPAH DOMESTIK KABUPATEN BATANG MENGGUNAKAN METODE MATERIAL FLOW ANALYSIS (MFA), LIFE CYCLE ASSESSMENT (LCA), DAN ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS (AHP). Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text
Repository Tugas Akhir.pdf

Download (188kB)

Abstract

ABSTRAK
Persampahan menjadi salah satu masalah yang ada di Kabupaten Batang. Hal ini dapat ditinjau dari keberadaan TPA Randukuning yang mulai menggunung dengan jumlah sampah yang masuk berkisar 2.160,25 m3/hari. Oleh karena itu, diperlukan suatu perencanaan sistem pengelolaan sampah domestik meliputi lima aspek yaitu aspek kelembagaan, pembiayaan, peraturan, peran serta masyarakat, serta teknis operasional yang meliputi sub sistem pewadahan, pengumpulan, pemindahan, pengangkutan, dan pengolahan akhir. Skema alir perencanaan pengelolaan sampah menggunakan metode Material Flow Analysis. Selain itu, perencanaan ini juga menerapkan pemanfaatan teknologi windrow composting yang telah dipilih menggunakan metode Life Cycle Assessment dan Expert Choice. Teknologi windrow composting menghasilkan angka GWP yang rendah dibandingkan dengan menerapkan penggunaan teknologi Black Soldier Fly ataupun Refused Derived Fuel. Hasilnya bahkan dapat berkali lipat jauh lebih rendah emisi jika dikomparasikan dengan dua opsi teknologi yang lain. Total biaya perencanaan pengelolaan sampah domestik di Kabupaten Batang pada tahun 2032 sebesar Rp
50.207.343.591. Implementasi lapangan pengelolaan persampahan di Kabupaten Batang nantinya akan dilaksanakan oleh UPT Persampahan Kabupaten Batang dibawah naungan Dinas Lingkungan Hidup dan berkolaborasi dengan masyarakat
untuk mewujudkan manajemen persampahan yang baik. Selain itu, penerapan teknologi Windrow Composting juga menjadi solusi karena dapat mereduksi sampah sebesar 200 ton/hari guna menjadi nilai ekonomi dan membuat kinerja TPA Randukuning tidak terlalu berat dan memiliki umur yang panjang.
Kata kunci : Perencanaan Pengelolaan Sampah Domestik; Material Flow Analysis; Life Cycle Assessment; Windrow Composting

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Engineering
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Environmental Engineering
Depositing User: anik riyanti
Date Deposited: 15 Mar 2023 07:59
Last Modified: 15 Mar 2023 07:59
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/12035

Actions (login required)

View Item View Item