Search for collections on Undip Repository

HUBUNGAN ANTARA GAYA KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL DENGAN JOB CRAFTING PADA BHABINKAMTIBMAS DI KEPOLISIAN DAERAH KEPULAUAN BANGKA BELITUNG

Mahardhani, Karina Tiara and Sawitri, Dian Ratna (2023) HUBUNGAN ANTARA GAYA KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL DENGAN JOB CRAFTING PADA BHABINKAMTIBMAS DI KEPOLISIAN DAERAH KEPULAUAN BANGKA BELITUNG. Undergraduate thesis, Undip.

[img] Text
abstrak.pdf

Download (195kB)

Abstract

ABSTRAK

Pandemi COVID-19 menjadi wabah penyakit yang tidak hanya berdampak pada kesehatan manusia, tetapi juga berdampak pada tatanan kehidupan bermasyarakat. Hal ini dapat membuat perbedaan tuntuan serta pekerjaan yang sebelumnya tidak ada dan juga mempengaruhi tuntutan peran lainnya. Job crafting adalah usaha mandiri yang dilakukan oleh individu sebagai karyawan dalam memodifikasi tuntutan pekerjaannya agar dapat selaras dengan sumber daya atau kemampuannya, sehingga menunjang tercapainya tujuan pekerjaan yang optimal. Gaya kepemimpinan transformasional adalah kemampuan seorang pemimpin yang memiliki sifat proaktif dan terbuka dengan cara memberikan inspirasi kepada bawahannya sehingga tercapainnya tujuan yang bermakna sesuai dengan target yang ditetapkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan gaya kepemimpinan transformasional dengan job crafting pada Bhabinkamtibmas di Kepolisian Daerah Kepulauan Bangka Belitung. Populasi penelitian adalah 391 anggota Bhabinkamtibmas dan melibatkan 192 Bhabinkamtibmas yang diambil dengan menggunakan teknik convience sampling. Alat ukur yang digunakan adalah Skala Gaya Kepemimpinan Transformasional (24 aitem, α = .95) dan Skala Job Crafting (26 aitem, α = .93). Uji hipotesis yang dilakukan menggunakan Spearman’s Rho dan menunjukkan nilai rxy = 0,702, p = 0,000. (p < 0,05), yang menunjukkan adanya hubungan positif yang signifikan antara gaya kepemimpinan transformasional dengan job crafting pada anggota Bhabinkamtibmas di Kepolisian Daerah Kepulauan Bangka Belitung. Artinya, semakin tinggi gaya kemimpinan transformasional atasan yang dirasakan individu, maka semakin tinggi job crafting anggota Bhabinkamtibmas.

Kata kunci: gaya kepemimpinan transformasional; job crafting; anggota Bhabinkamtibmas.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Fakultas Psikologi
Date Deposited: 27 Mar 2023 04:02
Last Modified: 27 Mar 2023 04:02
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/12030

Actions (login required)

View Item View Item