Search for collections on Undip Repository

MODALITAS BENTUK ~TO II DAN ~TARA II DALAM KALIMAT BAHASA JEPANG 日本語におけるモダリティ「~といい」と「たらいい」

Marta Ainur Rixza, Marta (2022) MODALITAS BENTUK ~TO II DAN ~TARA II DALAM KALIMAT BAHASA JEPANG 日本語におけるモダリティ「~といい」と「たらいい」. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text
SKRIPSI MARTA - Marta Ainur Rixza.doc

Download (906kB)

Abstract

INTISARI

Ainur Rixza, Marta. 2022 “Modalitas bentuk ~to ii dan ~tara ii dalam Kalimat Bahasa Jepang”. Skripsi, Program Studi Bahasa dan Kebudayaan Jepang, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Diponegoro. Dosen Pembimbing Elizabeth Ika Hesti ANR, S.S, M.Hum.
Pada penulisan skripsi ini, penulis mengkaji “Modalitas bentuk ~to ii dan ~tara ii dalam Kalimat Bahasa Jepang”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan struktur dan makna modalitas bentuk ~to ii dan ~tara ii dalam kalimat bahasa Jepang.
Penulis memperoleh data dari novel e-book aozora.gr.jp dan website berbahasa Jepang yaitu ejje.weblio.jp. Pengumpulan data dilakukan menggunakan metode simak dan dilanjutkan dengan metode catat. Kemudian data dianalisis dengan metode agih dengan teknik dasar bagi unsur langsung. Sedangkan untuk memaparkan hasil analisis data, penulis menggunakan metode informal.
Berdasarkan analisis data, dapat disimpulkan bahwa modalitas ~to ii dan ~tara ii memiliki tujuan yang sama yaitu untuk menyatakan harapan / pengandaian, rekomendasi / saran, keinginan dan untuk menanyakan suatu arahan. Meskipun terdapat kemiripan dalam makna yang dikandung keduanya, namun terdapat perbedaan struktur pembentukan diantara kedua modalitas tersebut. Selain itu, juga terdapat tingkat nuansa yang berbeda diantara kedua modalitas tersebut. Saat menyatakan rekomendasi atau saran, modalitas bentuk ~tara ii memiliki nuansa lebih kuat dibandingkan modalitas bentuk ~to ii. Sebaliknya saat menyatakan keinginan, modalitas bentuk ~to ii memiliki nuansa yang lebih kuat, sedangkan modalitas bentuk ~tara ii memiliki nuansa lebih ringan, dimana situasi itu cukup untuk memperoleh hasil yang baik.

Kata Kunci : modalitas, ~to ii, ~tara ii, struktur, makna

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Humanities
Divisions: Faculty of Humanities > Department of Japanese
Depositing User: Mr indra kusuma
Date Deposited: 14 Mar 2023 02:31
Last Modified: 14 Mar 2023 02:31
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/12026

Actions (login required)

View Item View Item