Search for collections on Undip Repository

HUBUNGAN PSYCHOLOGICAL WELL-BEING DENGAN WORK ENGAGEMENT PEGAWAI FAKULTAS-FAKULTAS DI UNIVERSITAS DIPONEGORO SEMARANG

Kaheksi, Pranindya Indah and Mujiasih, Endah (2023) HUBUNGAN PSYCHOLOGICAL WELL-BEING DENGAN WORK ENGAGEMENT PEGAWAI FAKULTAS-FAKULTAS DI UNIVERSITAS DIPONEGORO SEMARANG. Undergraduate thesis, UNDIP.

[img] Text
Pranindya Indah Kaheksi_Repository_Abstrak Abstract.pdf

Download (298kB)

Abstract

Work engagement penting untuk dimiliki setiap individu yang bekerja. Bekerja membutuhkan tanggung jawab yang besar dan tidak akan lepas dari tuntutan kerja. Individu dengan work engagement yang baik, akan selalu engaged, merasa nyaman dan bahagia saat bekerja. Kebahagiaan dalam bekerja dipengaruhi oleh faktor personal resources individu yang di dalamnya terdapat psychological well- being. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara psychological well-being dan work engagement pada pegawai administrasi non- ASN dan kontrak Fakultas-Fakultas di Universitas Diponegoro Semarang. Populasi penelitian sebanyak 178 pegawai administrasi non-ASN dan kontrak. Sampel penelitian berjumlah 122 pegawai yang didapat berdasarkan rumus Isaac & Michael. Alat ukur yang dipakai dalam penelitian ini adalah Skala Work Engagement (32 aitem, α = 0,927) dan Skala Psychological Well-Being (34 aitem, α = 0,920). Analisis korelasi Rank Spearman menunjukkan adanya hubungan positif yang signifikan antara psychological well-being dan work engagement, rxy
= 0,791; p = 0,000. Hasil dari penelitian ini menandakan bahwa semakin tinggi psychological well-being, semakin tinggi pula work engagement pada pegawai administrasi non-ASN dan kontrak Fakultas-Fakultas di Universitas Diponegoro Semarang.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Fakultas Psikologi
Date Deposited: 15 Mar 2023 02:36
Last Modified: 15 Mar 2023 02:36
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/12015

Actions (login required)

View Item View Item