Search for collections on Undip Repository

PENGARUH KOMBINASI INTERVENSI ROXY BACK MASSAGE (RBM) DAN LACTAPRESSURE TERHADAP PRODUKSI ASI PADA IBU NIFAS PRIMIPARA: Kajian Kadar Serotonin, Prolaktin dan Oksitosin

Rahayu, Sri and Hadisaputro, Suharyo and Hidayat, Syarif Taufik and Anggorowati, Anggorowati (2023) PENGARUH KOMBINASI INTERVENSI ROXY BACK MASSAGE (RBM) DAN LACTAPRESSURE TERHADAP PRODUKSI ASI PADA IBU NIFAS PRIMIPARA: Kajian Kadar Serotonin, Prolaktin dan Oksitosin. Doctoral thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text (ABSTRAK-DISERTASI)
ABSTRAK-DISERTASI.pdf

Download (187kB)

Abstract

Latar Belakang: Produksi ASI yang tidak adekuat masih menjadi masalah ibu memberikan makanan tambahan sebelum 6 bulan. Akupresur dan massage sebagai salah satu cara meningkatkan produksi ASI memiliki efektivitas berbeda-beda, sehingga diperlukan metode lain dengan kombinasi intervensi RBM dan lactapressure yang diduga dapat meningkatkan produksi ASI.
Tujuan: Membuktikan pengaruh kombinasi intervensi RBM dan lactapressure terhadap produksi ASI melalui peningkatan kadar serotonin, prolaktin dan oksitosin pada ibu nifas primipara.
Metode: Desain penelitian true experimental (randomized pretest-posttest control group design). Responden terdiri 61 ibu nifas primipara di Kota Semarang yang dibagi menjadi 4 kelompok intervensi yaitu RBM, lactapressure, kombinasi, dan kelompok kontrol. Intervensi diberikan 2 hari sekali sebanyak 5 kali dalam 9 hari postpartum. Analisis data menggunakan One Way Anova dan Regresi linier ganda.
Hasil: Intervensi RBM signifikan meningkatkan produksi ASI (p=0,000), kadar serotonin (p=0,001), prolaktin (p=0,009) dan oksitosin (p=0,006), Intervensi lactapressure signifikan meningkatkan produksi ASI (p=0,01), kadar serotonin (p=0,001), oksitosin (p=0,021), dan prolaktin (p=0,000). Kombinasi RBM dan lactapressure signifikan meningkatkan produksi ASI (p=0,000), kadar serotonin (p=0,000), oksitosin (p=0,000), prolaktin (p=0,000). Besar pengaruh kelompok kombinasi dalam meningkatkan produksi ASI 80%, kadar serotonin 45%, prolaktin 34%, dan oksitosin 20% paling tinggi dibandingkan kelompok RBM dan lactapressure.
Simpulan: Kombinasi intervensi RBM dan lactapressure lebih efektif dalam meningkatkan produksi ASI, kadar serotonin, kadar oksitosin dan kadar prolaktin dibandingkan kelompok RBM dan lactapressure.

Kata kunci : Ibu nifas, Produksi ASI, RBM, Lactapressure

Item Type: Thesis (Doctoral)
Uncontrolled Keywords: Ibu nifas, Produksi ASI, RBM, Lactapressure
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Doctor Program of Medical Science
Depositing User: Upload Mandiri FK
Date Deposited: 31 Mar 2023 05:24
Last Modified: 31 Mar 2023 05:24
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/12001

Actions (login required)

View Item View Item