Search for collections on Undip Repository

PENGARUH EKSTRAK PHALERIA MACROCARPA, KEMOTERAPI PACLITAXEL-CISPLATIN DAN KOMBINASI KEDUANYA TERHADAP EKSPRESI NF- ΚB DAN P53 KARSINOMA EPIDERMOID : Studi Eksperimental In Vivo Pada Mencit Swiss

Fitrizan, Sukri and ARIFIN, M. THOHAR and Handojo, Djoko (2016) PENGARUH EKSTRAK PHALERIA MACROCARPA, KEMOTERAPI PACLITAXEL-CISPLATIN DAN KOMBINASI KEDUANYA TERHADAP EKSPRESI NF- ΚB DAN P53 KARSINOMA EPIDERMOID : Studi Eksperimental In Vivo Pada Mencit Swiss. Masters thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER-ABSTRAK.pdf

Download (590kB)
[img] Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (155kB)
[img] Text (BAB II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (146kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (301kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V fix.pdf
Restricted to Registered users only

Download (647kB)
[img] Text (BAB VI)
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (244kB)
[img] Text (BAB VII)
BAB VII.pdf
Restricted to Registered users only

Download (143kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (100kB)

Abstract

Pendahuluan : Ekstrak Mahkota dewa (Phaleria macrocarpa/PM) memiliki potensi sebagai anti oksidan dan sitostatika. PM secara klinis dapat menurunkan ekspresi NF-κB sekaligus meningkatkan tumor supresor p53. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh dan perbedaan ekspresi NF-κB dan ekspresi p53 pada tiap kelompok perlakuan mencit Swiss dengan karsinoma epidermoid dan untuk menganalisa korelasi antara ekspresi NF-κB dan ekspresi p53.
Metode : Penelitian dilakukan pada 12 mencit Swiss, yang dilakukan randomisasi post test dikelompokkan menjadi empat kelompok. Kelompok pertama adalah kelompok kontrol, kelompok ke-2 mendapatkan PM 0,0715 mg(0,36 ml)/hari, kelompok ke-3 mendapatkan paclitaxel 175 mg/m2 dan cisplatin 50 mg/m2 dan kelompok ke-4 mendapatkan PM 0,0715 mg(0,36 ml)/hari dikombinasi dengan paclitaxel 175 mg/m2 dan cisplatin 50 mg/m2. Keseluruhan mencit telah diinduksi karsinoma epidermoid menggunakan 9, 12-dimethyl-1,2-benzanthracene (DMBA) dan 12-o-tetradecanoylphorbol-13-acetate (TPA) secara topikal. Ekspresi NF-κB (EI) dihitung dengan rumus Extent of staining (E) x Intensity of staining (I). Ekspresi p53 dihitung jumlah sel tumor yang ekspresinya positif pada 500 sel tumor yang dibagi dalam 5 LPB. Ini dilakukan setelah perlakuan selama 9 minggu. Perbedaan diantara 4 grup dianalisis dengan uji Kruskal Wallis dan uji post hoc Man-Whitney. Untuk menganalisa korelasi antara ekspresi NF-κB dan ekspresi p53 menggunakan uji korelasi Spearman.
Hasil : Ada perbedaan yang signifikan pada penurunan ekspresi NF-κB antara 4 kelompok; dimana perbedaan yang signifikan antara 2 kelompok yang ditemukan pada perbandingan kelompok kontrol dengan kelompok-4 dan kelompok-2 dengan kelompok 4 (p <0,05, masing-masing). Ada perbedaan yang signifikan meningkat pada ekspresi p53 antara 4 kelompok; dimana perbedaan yang signifikan antara 2 kelompok yang ditemukan pada perbandingan kelompok kontrol dengan semua kelompok lain dan antara kelompok-4 dengan semua kelompok lain (p <0,05, masing-masing). Ada korelasi negatif yang sangat kuat antara NF-κB dan ekspresi p53 (p <0,05; r = -0.826).
Kesimpulan : Kombinasi PM dan kemoterapi paclitaxel-cisplatin secara signifikan dapat menurunkan ekspresi NF-kB dan meningkatkan ekspresi p53 karsinoma epidermoid pada mencit Swiss.
Kata kunci : Phaleria macrocarpa, ekspresi p53 dan ekspresi NF-B, karsinoma epidermoid.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Phaleria macrocarpa, ekspresi p53 dan ekspresi NF-B, karsinoma epidermoid.
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Master Program in Biomedical Science
Depositing User: heni lutfiatun
Date Deposited: 02 Mar 2023 03:47
Last Modified: 02 Mar 2023 03:47
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/11968

Actions (login required)

View Item View Item