Search for collections on Undip Repository

HUBUNGAN ANTARA SLEEP HYGIENE INDEX DENGAN OBESITAS

Marcyen, Christofer Nugraha and SUBAGIO, HERTANTO W (2022) HUBUNGAN ANTARA SLEEP HYGIENE INDEX DENGAN OBESITAS. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text (CHRISTOFER NUGRAHA MARCYEN-22010119120004-KTI-ABSTRAK)
CHRISTOFER NUGRAHA MARCYEN-22010119120004-KTI-ABSTRAK.pdf

Download (115kB)

Abstract

Latar Belakang : Obesitas menjadi masalah kesehatan yang besar dengan prevalensi lebih dari 650 juta orang dewasa menurut data WHO dan prevalensi di Indonesia mencapai 21,8%, serta berdampak banyak. Perilaku sleep hygiene merupakan kondisi yang diharapkan dapat mengoptimalkan tidur sehingga menurunkan kejadian obesitas.
Tujuan : Mengetahui hubungan antara sleep hygiene index dengan obesitas.
Metode : Penelitian ini merupakan penelitian observasional analitik dengan desain penelitian cross-sectional. Subjek penelitian adalah 125 mahasiswa aktif Program Studi Kedokteran Universitas Diponegoro yang diperoleh dengan metode consecutive sampling. Variabel bebas adalah sleep hygiene index dan variabel terikat adalah obesitas yang diukur melalui indeks massa tubuh. Uji statistic dilakukan dengan uji chi square dan uji fisher exact.
Hasil : Tidak ditemukan hubungan bermakna antara sleep hygiene index dengan obesitas (p=0,648), tidak ditemukan hubungan bermakna antara durasi tidur dengan obesitas (p=0,945), tidak ditemukan hubungan bermakna antara pola snacking di malam hari dengan obesitas (p=1,000), tidak ditemukan hubungan bermakna antara tingkat stress dengan obesitas (p=0,884), tidak ditemukan hubungan bermakna antara aktivitas fisik dengan obesitas (p=0,469).
Kesimpulan : Tidak ditemukan hubungan yang signifikan antara sleep hygiene index, durasi tidur, pola snacking di malam hari, stress, dan aktivitas fisik dengan obesitas.
Kata Kunci : Sleep Hygiene, SHI, Tidur, Obesitas

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Sleep Hygiene, SHI, Tidur, Obesitas
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Department of Medicine
Depositing User: Upload Mandiri FK
Date Deposited: 01 Mar 2023 06:54
Last Modified: 01 Mar 2023 06:54
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/11962

Actions (login required)

View Item View Item