Search for collections on Undip Repository

PENGARUH EKSTRAK PHALERIA MACROCARPA TERHADAP EKSPRESI IL 12 DAN EKSPRESI GRANZIME PADA KARSINOMA EPIDERMOID : Studi Eksperimental In Vivo Pada Mencit Swiss Yang Diberi Neoadjuvant Paclitaxel dan Cisplatin

Ardianto, Ferdi Wiweko and Handoyo, Djoko and Arifin, M. Thohar (2016) PENGARUH EKSTRAK PHALERIA MACROCARPA TERHADAP EKSPRESI IL 12 DAN EKSPRESI GRANZIME PADA KARSINOMA EPIDERMOID : Studi Eksperimental In Vivo Pada Mencit Swiss Yang Diberi Neoadjuvant Paclitaxel dan Cisplatin. Masters thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text (COVER)
COVER-ABSTRAK.pdf

Download (460kB)
[img] Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (203kB)
[img] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (398kB)
[img] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (275kB)
[img] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (523kB)
[img] Text (BAB 5)
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (622kB)
[img] Text (BAB 6)
BAB 6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (91kB)
[img] Text (BAB 7)
BAB 7.pdf
Restricted to Registered users only

Download (129kB)
[img] Text (DAPUS-LAMPIRAN)
DAPUS-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Latar Belakang : Phaleria macrocarpa (Mahkota Dewa) yang mengandung polifenol dapat menstimulasi produksi Interferon-γ pada beberapa populasi immunosit dan meningkatkan aktivitas Limfosit T sitotoksik (CTL) dan Natural Killer Cell (NK-Cell). Proses ini dapat dikenali dari ekspressi granzyme sebagai respon dari sel maligna dan IL-12(Interleukin-12). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh dan perbedaan ekspressi granzyme dan IL-12(Interleukin-12) pada tiap kelompok perlakuan mencit Swiss dengan karsinoma epidermoid dan untuk menganalisa korelasi antara ekspressi granzyme dan IL-12(Interleukin-12)
Metode : Penelitian dilakukan pada 18 mencit Swiss, yang dilakukan randomisasi pre dan post test dikelompokkan menjadi empat kelompok. Kelompok pertama adalah kelompok kontrol, kelompok ke-2 mendapatkan Phaleria macrocarpa 0,0715 mg(0,36 ml)/hari, kelompok ke-3 mendapatkan paclitaxel 175 mg/m2 dan cisplatin 50 mg/m2 dan kelompok ke-4 mendapatkan Phaleria macrocarpa 0,0715 mg(0,36 ml)/hari dikombinasi dengan paclitaxel 175 mg/m2 dan cisplatin 50 mg/m2. Keseluruhan mencit telah diinduksi karsinoma epidermoid) secara topikal. Ekspresi granzyme dan ekspresi IL-12 dihitung setelah pemberian Phaleria macrocarpa, paclitaxel dan cisplatin, dan kombinasi selama 9 minggu. Untuk menganalisa ekspresi granzime dan ekspresi IL-12 menggunakan uji Kruskal Wallis dan uji Man Whitney. Untuk menganalisa korelasi antara ekspresi granzime dan IL-12 menggunakan uji korelasi Spearman.
Hasil : Terdapat perbedaan yang signifikan pada variabel ekspresi granzyme dan ekspresi IL-12 diantara kelompok perlakuan terhadap kontrol. Terdapat peningkatan ekspresi granzime dan ekspresi IL-12 pada kelompok ke- 4 dibandingkan dengan kelompok kontrol, kelompok ke-2 dan kelompok ke-3. Terdapat korelasi yang signifikan dan positif kuat antara ekspresi granzime dan ekspresi IL-12 (r=0,942).
Kesimpulan : Phaleria macrocarpa dapat meningkatkan ekspressi granzyme dan ekspresi IL-12 pada sel tumor.
Kata kunci : Phaleria macrocarpa, ekspresi granzyme, ekspresi IL-12, karsinoma epidermoid kulit.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Phaleria macrocarpa, ekspresi granzyme, ekspresi IL-12, karsinoma epidermoid kulit.
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Master Program in Biomedical Science
Depositing User: heni lutfiatun
Date Deposited: 01 Mar 2023 03:02
Last Modified: 01 Mar 2023 03:02
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/11961

Actions (login required)

View Item View Item