Search for collections on Undip Repository

PENGARUH DIMENSI SUPPLY CHAIN MANAGEMENT TERHADAP KEUNGGULAN BERSAING PADA UMKM COFFEE SHOP DI KOTA SEMARANG/99/Adm. Bisnis/2022

Audrey, Gabriella and Widiartanto, Widiartanto and Wijayanto, Andi (2022) PENGARUH DIMENSI SUPPLY CHAIN MANAGEMENT TERHADAP KEUNGGULAN BERSAING PADA UMKM COFFEE SHOP DI KOTA SEMARANG/99/Adm. Bisnis/2022. Undergraduate thesis, FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN POLITIK UNIVERSITAS DIPONEGORO.

[img] Text
COVER.pdf - Published Version

Download (644kB)
[img] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (986kB)
[img] Text
BAB II.pdf - Published Version

Download (497kB)
[img] Text
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (810kB)
[img] Text
BAB IV.pdf - Published Version

Download (224kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (444kB)

Abstract

Keunggulan bersaing saat ini memiliki peranan penting untuk keberlanjutan perusahaan. Persaingan adalah inti dari keberhasilan atau kegagalan perusahaan, dimana perusahaan harus dapat memenangkan persaingan dengan para pesaingnya agar dapat terus menjalankan usahanya. Coffee shop di Kota Semarang merupakan salah satu usaha dengan persaingan yang ketat. Oleh karena itu setiap pemilik coffee shop harus memutar otak untuk meningkatkan keunggulan bersaing masing-masing usaha sehingga tidak mengalami kebangkrutan. Keunggulan kompetitif yang berkelanjutan berasal dari sumber daya dan kemampuan yang dikendalikan perusahaan yang berharga, langka, tidak dapat ditiru secara sempurna, dan tidak dapat digantikan. Sumber daya ini dan kapabilitas dapat dilihat sebagai kumpulan aset berwujud dan tidak berwujud, termasuk keterampilan manajemen, proses dan rutinitas organisasinya, serta informasi dan pengetahuan yang dikendalikannya. Resource Based View (RBV) membantu perusahaan untuk mengembangkan kelincahan, kemampuan beradaptasi, dan keselarasan terkait supply chain management.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara dimensi supply chain management yang terdiri dari strategic supplier partnership, customer relationship, dan information sharing terhadap keunggulan bersaing pada UMKM coffee shop di Kota Semarang. Tipe penelitian ini adalah eksplanatif. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling sebanyak 56 responden yang merupakan pemilik atau headbarista UMKM coffee shop di Kota Semarang. Pengumpulan data menggunakan kuesioner, wawancara, dan studi pustaka. Penelitian ini menggunakan analisis kuantitatif dengan menggunakan uji validitas, reliabilitas, uji asumsi klasik, koefisien korelasi, koefisien determinasi, regresi linier sederhana dan berganda, uji t, dan uji F yang diolah menggunakan SPSS (Statistical Program for Social Science) 26.0 version.
Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh positif dan signifikan variabel supply chain management, customer relationship dan, information sharing baik secara parsial maupun simultan terhadap terhadap keunggulan bersaing pada UMKM coffee shop di Kota Semarang. Semakin tinggi kualitas pengelolaan supply chain management, customer relationship dan, information sharing, maka semakin meningkatkan keunggulan bersaing UMKM coffee shop di Kota Semarang.

Kata Kunci: Strategic Supplier Partnership, Customer Relationship, Information Sharing, Supply Chain Management, Keunggulan Bersaing

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Business Administration
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 01 Mar 2023 01:13
Last Modified: 01 Mar 2023 01:13
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/11955

Actions (login required)

View Item View Item