Search for collections on Undip Repository

HUBUNGAN ANTARA EFEKTIVITAS KOMUNIKASI INTERPERSONAL REMAJA-ORANGTUA DAN KEPERCAYAAN DIRI PADA SISWA KELAS X SMA TEUKU UMAR SEMARANG

Tamimi, Nurhikmah and Setyawan, Imam (2023) HUBUNGAN ANTARA EFEKTIVITAS KOMUNIKASI INTERPERSONAL REMAJA-ORANGTUA DAN KEPERCAYAAN DIRI PADA SISWA KELAS X SMA TEUKU UMAR SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text
Abstrak&BAB I_Nurhikmah Tamimi.pdf

Download (324kB)

Abstract

Keluarga sebagai lingkungan pertama anak berperan penting dalam setiap aspek perkembangan yang dialami oleh remaja. Keluarga yang memiliki suasana yang harmonis serta komunikasi yang baik dapat mempengaruhi perkembangan sosial dan kepribadian remaja. Penelitian ini bertujuan untuk melihat bahwa adanya hubungan efektivitas komunikasi interpersonal remaja-orangtua dan kepercayaan diri pada siswa kelas X SMA Teuku Umar Semarang. Populasi pada penelitian ini berjumlah 150 siswa dan kemudian diambil 83 siswa sebagai partisipan penelitian dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Pengumpulan data pada penelitian menggunakan dua skala psikologi, yakni Skala Efektivitas Komunikasi Interpersonal Remaja-Orangtua (22 butir, α = 0,907) dan Skala Kepercayaan Diri (23 butir, α = 0,872). Analisis data menggunakan metode analisis regresi sederhana yang menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif yang signifikan antara kedua variabel pada penelitian ini (rxy=0,503 ; p<0,01). Artinya, semakin tinggi efektivitas komunikasi interpersonal antara remaja dan orangtua, maka tingkat kepercayaan diri pada siswa kelas X SMA Teuku Umar Semarang juga akan semakin tinggi dan begitu juga sebaliknya. Penelitian ini menghasilkan nilai r2 sebesar 0,253 yang memiliki arti bahwa variabel efektivitas komunikasi interpersonal remaja-orangtua memberikan sumbangan efektif terhadap tingkat kepercayaan diri pada siswa kelas X SMA Teuku Umar Semarang sebesar 25,3%.

Kata kunci: efektivitas komunikasi interpersonal remaja-orangtua, kepercayaan diri, remaja

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Fakultas Psikologi
Date Deposited: 05 Feb 2024 07:44
Last Modified: 05 Feb 2024 07:44
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/11937

Actions (login required)

View Item View Item