Search for collections on Undip Repository

Pengaruh Edukasi Gizi dengan Media "E-comic" Terhadap Pengetahuan dan Konsumsi Cairan pada Siswa Sekolah Sepak Bola (SSB)

Nisa, Zahrotin and Fitranti, Deny Yudi and Rahadiyanti, Ayu and Widyastuti1, Nurmasari and Wijayanti, Hartanti Sandi Pengaruh Edukasi Gizi dengan Media "E-comic" Terhadap Pengetahuan dan Konsumsi Cairan pada Siswa Sekolah Sepak Bola (SSB). -. (Unpublished)

[img] Text
Abstrak-Zahrotin Nisa.pdf

Download (177kB)

Abstract

Latar belakang : Seorang atlet sepak bola remaja memiliki risiko dehidrasi lebih tinggi dari pada atlet sepak bola dewasa. Beberapa penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa tidak semua atlet sepak bola mengonsumsi cairan dalam jumlah yang cukup. Salah satu faktor dehidrasi pada atlet sepak bola ialah kurangnya asupan cairan yang bisa disebakan oleh pengetahuan yang kurang. Edukasi gizi dengan media yang tepat dan efektif diperlukan untuk meningkatkan pengetahuan dan konsumsi cairan pada atlet sepak bola.
Tujuan : Mengetahui pengaruh edukasi gizi melalui media e-comic terhadap peningkatan pengetahuan dan konsumsi cairan pada atlet sepak bola.
Metode : Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimental dengan pendekatan pre – post test control group design. Subjek sebanyak 42 siswa sekolah sepak bola, yang dibagi menjadi kelompok perlakuan dan kontrol. Pembagian kelompok dilakukan dengan matching berdasarkan usia. Kelompok perlakuan diberikan edukasi melalui media e-comic dan edukasi secara online, kelompok kontrol hanya diberikan edukasi secara online. Data pengetahuan dikumpulkan melalui pengisian kuesioner oleh masing-masing atlet. Data konsumsi cairan dikumpulkan melalui pengisian kuesioner dengan wawancara. Data dianalisis menggunakan uji paired t-test, independent t-test, mann whitney, dan wilcoxon.
Hasil : Terdapat peningkatan nilai rerata pengetahuan gizi secara signifikan(p<0,05) pada kedua kelompok, sebanyak 12,86% pada kelompok perlakuan dan 8,11% pada kelompok kontrol. Terdapat peningkatan nilai rerata konsumsi cairan total periode latihan secara signifikan (p<0,05) pada kedua kelompok, sebanyak 17,78% pada kelompok perlakuan dan 10,18% pada kelompok kontrol.
Simpulan : Edukasi gizi menggunakan media e-comic terbukti dapat memberikan peningkatan pada pengetahuan dan perilaku konsumsi cairan setelah dilakukan intervensi pada atlet sepak bola remaja.

Kata kunci : atlet sepak bola, edukasi gizi, konsumsi cairan , media e-comic, pengetahuan gizi.

Item Type: Article
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Department of Nutrition Science
Depositing User: Pustakawan Gizi
Date Deposited: 24 Feb 2023 09:33
Last Modified: 24 Feb 2023 09:33
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/11933

Actions (login required)

View Item View Item