Search for collections on Undip Repository

PENGARUH HARGA, PROMOSI, DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (STUDI PADA KONSUMEN HANGIRI BANYUMANIK SEMARANG)/91/Adm. Bisnis/2022

Ismiatun, Dewi and Budiatmo, Agung and Prihatini, Apriatni Endang (2022) PENGARUH HARGA, PROMOSI, DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (STUDI PADA KONSUMEN HANGIRI BANYUMANIK SEMARANG)/91/Adm. Bisnis/2022. Undergraduate thesis, FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN POLITIK UNIVERSITAS DIPONEGORO.

[img] Text
COVER......pdf - Published Version

Download (304kB)
[img] Text
BAB I.....pdf - Published Version

Download (871kB)
[img] Text
BAB II....pdf - Published Version

Download (758kB)
[img] Text
BAB III.....pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (957kB)
[img] Text
BAB IV......pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (194kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA .pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (293kB)
[img] Text
LAMPIRAN....pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (602kB)

Abstract

Kota Semarang menjadi salah satu kota dengan setra bisnis yang berkembang di Indonesia, salah satunya dalam bisnis kuliner yang mengakibatkan ketatnya persaingan, sehingga pelaku bisnis harus peka terhadap kebutuhan konsumen. Dalam upaya meningkatkan penjualan dibutuhkan peningkatan keputusan pembelian. Beberapa unsur yang dapat meningkatkan penjualan yaitu harga, promosi, dan kualitas produk. Menurut data penjualan Hangiri Banyumanik Semarang, menunjukan tidak tercapainya target penjualan di tiap tahunnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh harga, promosi dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian pada Hangiri Banyumanik Semarang.
Tipe penelitian ini adalah explanatory research, teknik sampel yang digunakan non-probability sampling dengan teknik purposive dan accidental sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dan wawancara kepada 96 responden yang pernah melakukan pembelian dan mengkonsumsi produk pada Hangiri Banyumanik Semarang. Variabel terikat dalam penelitian ini adalah keputusan pembelian produk Hangiri, sedangkan variabel bebasnya adalah harga, promosi dan kualitas produk. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi dengan menggunakan aplikasi SPSS.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa harga berpengaruh terhadap keputusan pembelian apabila harga yang ditawarkan kepada konsumen semakin terjangkau maka keputusan pembelian semakin tinggi, selanjutnya promosi berpengaruh terhadap keputusan pembelian ketika semakin banyak promosi yang ditawarkan Hangiri kepada konsumen maka daya tarik yang diciptakan untuk melakukan keputusan pembelian semakin tinggi, selanjutnya kualitas produk berpengaruh terhadap keputusan pembelian apabila kualitas produk yang diberikan kepada konsumen semakin baik maka keputusan pembelian juga akan semakin baik.
Saran yang diberikan kepada Hangiri Banyumanik Semarang pada aspek harga, diperlukan riset harga agar harga dapat bersaing dengan kompetitornya. Pada aspek promosi diperlukan pemilihan media promosi yang beragam dan mengikuti trend, juga pada promosi penjualan diperlukan pemberian potongan harga atau pemberian voucher yang lebih sering. Pada aspek kualitas produk diperlukan inovasi produk.

Kata kunci : Harga, Promosi, Kualitas produk, Keputusan pembelian

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Business Administration
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 24 Feb 2023 07:51
Last Modified: 24 Feb 2023 07:51
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/11932

Actions (login required)

View Item View Item