Search for collections on Undip Repository

ANALISIS PENGEMBANGAN LITERASI DIGITAL DALAM KINERJA LAYANAN PT. KERETA API INDONESIA (PERSERO) (Studi Pada Aplikasi KAI Acces di Kota Semarang)/87/Adm. Bisnis/2022

Hapsari, Ratih Amalia Widhi and Susanta, Hari and Saryadi, Saryadi (2022) ANALISIS PENGEMBANGAN LITERASI DIGITAL DALAM KINERJA LAYANAN PT. KERETA API INDONESIA (PERSERO) (Studi Pada Aplikasi KAI Acces di Kota Semarang)/87/Adm. Bisnis/2022. Undergraduate thesis, FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN POLITIK UNIVERSITAS DIPONEGORO.

[img] Text
Cover.pdf - Published Version

Download (883kB)
[img] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (800kB)
[img] Text
BAB II.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (725kB)
[img] Text
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (290kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (291kB)

Abstract

PT.Kereta Api Indonesia telah mengembangkan sistem guna mengunggulkan kualitas pelayanan serta mempermudah para konsumen kereta api dalam melakukan pembelian tiket kereta api dengan meluncurkan Aplikasi KAI Access. Dalam pengembangan Aplikasi KAI Access yang dimilikinya terdapat kelemahan terhadap pelayanan yang diberikan kepada pengguna aplikasi tersebut.
Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui kinerja layanan PT. Kereta Api Indonesia khususnya dalam Aplikasi KAI Access yang dilatar belakangi banyaknya rating negatif terhadap Aplikasi KAI Access. Informan dari penelitian ini adalah beberapa pengguna Aplikasi KAI Access yang berdomisili di Semarang, pihak PT. Kereta Api Indonesia (Persero) DAOP IV Semarang yaitu Unit Angkutan Umum dan Unit SDM.
Penelitian ini adalah penelitian kualitatif, yaitu penelitian yang menghasilkan kata – kata deskriptif secara tertulis atau lisan dari orang – orang dan perilaku yang diamati dari fenomena yang sedang terjadi. Informan dalam penelitian kualitatif ini dilakukan saat peneliti mulai memasuki lapangan serta selama penelitian berlangsung, peneliti memilih orang tertentu yang dipertimbangkan akan memberikan data yang diperlukan, selanjutnya berdasarkan data maupun informasi yang diperoleh dari sample sebelumnya.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Aplikasi KAI Access belum menjadi aplikasi yang user friendly dalam artian belum memenuhi kebutuhan pengguna Aplikasi KAI Access seutuhnya, masih terdapat banyak permasalahan yang timbul dari Aplikasi KAI Access itu sendiri. Sehingga membuat para pengguna Aplikasi KAI Access menjadi tidak nyaman dalam mengaplikasikan Aplikasi KAI Access, dan mengakibatkan banyaknya pengguna yang memberikan rating rendah terhadap Aplikasi KAI Access dan berkurangnya minat pengguna untuk menggunakan Aplikasi KAI Access lagi untuk mengorder tiket KA.
Hasil diatas disarankan supaya KAI Access mengembangkan Aplikasi KAI Access menjadi aplikasi yang user friendly, memberi kenyamanan konsumen pada saat melakukan register dan log in akun pengguna, menjadi aplikasi yang memiliki ukuran yang lebih ringan, menjadi aplikasi yang memiliki banyak fitur pembayaran yang berfungsi dengan baik, sehingga konsumen pengguna aplikasi merasa terbantu pada saat ingin melakukan pembayaran, dapat memasukkan lebih dari satu ID (Nomor NIK),fitur ubah jadwal yang dapat difungsikan dengan baik, agar penguna aplikasi pada saat ingin reschedule tiket tidak harus datang ke CS stasiun terdekat.

Kata Kunci : Literasi Digital, Kinerja Layanan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Business Administration
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 24 Feb 2023 07:00
Last Modified: 24 Feb 2023 07:00
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/11928

Actions (login required)

View Item View Item