Search for collections on Undip Repository

PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN (Studi pada Konsumen Indihome di Jepara)/65/Adm. Bisnis/2022

Putra, Ahmad Faisal Adi and Hermani DS, Agus and Widayanto, Widayanto (2022) PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN (Studi pada Konsumen Indihome di Jepara)/65/Adm. Bisnis/2022. Undergraduate thesis, FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN POLITIK UNIVERSITAS DIPONEGORO.

[img] Text
COVER.pdf - Published Version

Download (348kB)
[img] Text
BAB 1.pdf - Published Version

Download (476kB)
[img] Text
BAB 2.pdf - Published Version

Download (228kB)
[img] Text
BAB 3.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (677kB)
[img] Text
BAB 4.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (58kB)
[img] Text
DAFTAR PUSATAKA.pdf - Published Version

Download (116kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (1MB)

Abstract

Perkembangan zaman yang semakin pesat membuat kebutuhan manusia semakin meningkat, terutama di bidang teknologi dan informasi. Hal ini mendorong berbagai perusahaan yang bergerak di bidang tersebut menjadi berlomba-lomba untuk memenangkan persaingan. Dalam upaya memenangkan persaingan, dibutuhkan adanya loyalitas konsumen. loyalitas yang diharapkan oleh perusahaan adalah loyalitas konsumen yang tinggi. hal itu dipengaruhi oleh kualitas produk yang baik dan kualitas pelayanan yang baik. Menurut data keluhan pada Indihome menunjukkan adanya peningkatan keluhan yang dilaporkan oleh konsumen di tahun 2019-2020.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara kualitas produk dan kualitas pelayanan terhadap loyalitas konsumen Indihome PT Telkom. Tipe penelitian ini merupakan explanatory research dengan teknik pengambilan sampel nonprobability sampling dengan pendekatan purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan wawancara kepada 100 responden yang sedang atau pernah berlangganan Indihome dalam kurun waktu tiga tahun terakhir. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi dengan menggunakan aplikasi SPSS 25.0.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas produk dan kualitas pelayanan secara parsial maupun simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas konsumen. peneliti menyarankan Indihome untuk meningkatkan kualitas produk dengan memperbaiki daya tahan router serta instalasi supaya dapat bertahan di segala situasi agar konsumen merasa nyaman ketika menggunakan. Pada aspek kualitas pelayanan, baiknya perusahaan memperjelas terkait jaminan serta kompensasi yang ditawarkan kepada konsumen agar konsumen merasa aman dan tenang ketika terjadi hal yang kurang sesuai. Selanjutnya pada aspek loyalitas konsumen, perusahaan dapat memberikan reward kepada konsumen yang setia dalam bentuk poin dan sejenisnya agar kesetiaan pengguna tetap terjaga.

Kata Kunci : Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, Loyalitas konsumen

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Business Administration
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 23 Feb 2023 04:37
Last Modified: 23 Feb 2023 04:37
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/11882

Actions (login required)

View Item View Item