Search for collections on Undip Repository

“PENGARUH KARAKTERISTIK PRODUK DAN SALES PROMOTION TERHADAP IMPULSE BUYING PADA GENERASI Z” (Studi Pada Pengguna Shopee)/61/Adm. Bisnis/2022

Ratnasari, Aprilia Dewi and Dewi, Reni Shinta (2022) “PENGARUH KARAKTERISTIK PRODUK DAN SALES PROMOTION TERHADAP IMPULSE BUYING PADA GENERASI Z” (Studi Pada Pengguna Shopee)/61/Adm. Bisnis/2022. Undergraduate thesis, FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN POLITIK UNIVERSITAS DIPONEGORO.

[img] Text
COVER.pdf - Published Version

Download (853kB)
[img] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (806kB)
[img] Text
BAB II.pdf - Published Version

Download (592kB)
[img] Text
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (821kB)
[img] Text
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (9kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (407kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Pada era globalisasi ini, perkembangan teknologi dan informasi semakin berkembang dengan pesat. Salah satunya adalah penggunaan internet yang menjadi penghubung ntar manusia dalam berkomunikasi, mendapatkan hiburan dan bertukar informasi. Internet juga membantu manusia untuk melakukan kegiatan sehari-hari secara online salah satunya adalah berbelanja dengan menggunakan e-commerce. Dengan munculnya dan semakin berkembangnya e-commerce di Indonesia membuat perilaku konsumen pun juga berubah, dari yang berbelanja secara konvensional atau mendatangi toko secara langsung sekarang mulai beralih dengan berbelanja secara online, salah satu e-commerce yang sering digunakan di Indonesia adalah Shopee. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari karakteristik produk dan sales promotion terhadap impulse buying di generasi z pada pengguna Shopee. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dan studi pustaka. Penelitian ini menggunakan analisis kuantitatif dengan menggunakan uji validitas, reliabilitas, koefisien korelasi, koefisien determinasi, regresi linier sederhana dan berganda, uji t, dan uji F yang diolah menggunakan SPSS 25.0 Penelitian ini memberikan hasil bahwa karakteristik produk dan sales promotion memiliki pengaruh terhadap impulse buying baik parsial maupun simultan. Saran yang dapat diberikan penulis Shopee dapat memperhatikan lagi karakteristik produk yang dapat mendorong konsumen untuk melakukan impulse buying tidak hanya untuk generasi Z tetapi generasi lainnya mengingat target Shopee yang tidak terbatas umur, para seller Shopee juga dapat membantu meningkatkan karakteristik produk dengan lebih berinovasi mengenai produk yang akan dijual dan sales promotion pada Shopee dapat lebih ditingkatkan lagi dengan memberikan jangka waktu yang pendek saat sales promotion diadakan agar konsumen lebih terdorong untuk melakukan impulse buying. Selain itu masih memerlukan penelitian lanjutan mengenai variabel bebas diluar karakteristik produk dan sales promotion, sehingga kemungkinan besar terdapat variabel lain yang dapat mempengaruhi impulse buying yang terjadi di Shopee.

Kata Kunci : Karakteristik Produk, Sales Promotion, Impulse Buying

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Business Administration
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 23 Feb 2023 03:35
Last Modified: 23 Feb 2023 03:35
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/11875

Actions (login required)

View Item View Item