Search for collections on Undip Repository

PENURUNAN DAYA SAING GLOBAL INDONESIA : PEMBANGUNAN INFRASTRUKTUR YANG KURANG ADAPTIF TERHADAP PERKEMBANGAN ISU CYBERCRIME

Sembiring, Miranda P (2022) PENURUNAN DAYA SAING GLOBAL INDONESIA : PEMBANGUNAN INFRASTRUKTUR YANG KURANG ADAPTIF TERHADAP PERKEMBANGAN ISU CYBERCRIME. Undergraduate thesis, FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS DIPONEGORO.

[img] Text
Cover.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (405kB)
[img] Text
Bab 1.pdf - Published Version

Download (377kB)
[img] Text
Bab 2.pdf - Published Version

Download (419kB)
[img] Text
Bab 3.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (371kB)
[img] Text
Bab 4.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (299kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (442kB)

Abstract

Pada Oktober 2019, Indeks Daya Saing Global Indonesia mengalami penurunan 5 peringkat dari tahun sebelumnya. Penurunan ini terjadi di tengah masifnya pembangunan infrastruktur yang dilaksanakan pada masa kepemimpinan Presiden Joko Widodo pada periode pertama. Pilar yang mengalami penurunan tertinggi adalah pilar adopsi teknologi informasi dan komunikasi. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan mengapa pembangunan infrastruktur yang dilaksanakan, kurang adaptif terhadap isu-isu mengenai perkembangan teknologi informasi dan komunikasi, sehingga indikasinya adalah Indonesia marak terkena kasus cybercrime. Teori dan Konsep yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori hiperglobalis dan konsep cybercrime. Teori hiperglobalis digunakan untuk menganalisis proses adaptasi pemerintah Indonesia terhadap industri 4.0 dan konsep cybercrime digunakan untuk menganalisis perkembangan kasus cybercrime. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan tipe penelitian eksplanatif, data diperoleh melalui studi kepustakaan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemerintah kurang adaptif terhadap perkembangan industri 4.0, sehingga pembangunan infrastruktur mengalami dislokasi. Pemerintah tidak melihat aspek-aspek perkembangan teknologi informasi dan komunikasi saat ini, sehingga kasus cybercrime di Indonesia mengalami peningkatan setiap tahun.

Kata Kunci: Inrastruktur, Industri 4.0, Dilokasi, Indeks daya saing global, Cybercrime.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of International Relations
Depositing User: Fakultas ISIP
Date Deposited: 09 Aug 2023 01:41
Last Modified: 09 Aug 2023 01:41
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/11862

Actions (login required)

View Item View Item