Search for collections on Undip Repository

PENGARUH JOB SATISFACTION DAN EMPLOYEE ENGAGEMENT TERHADAP TURNOVER INTENTION PADA KARYAWAN HOTEL SANTIKA PREMIERE SEMARANG/49/Adm. Bisnis/2022

Wijayanto, Tegar and Widiartanto, Widiartanto (2022) PENGARUH JOB SATISFACTION DAN EMPLOYEE ENGAGEMENT TERHADAP TURNOVER INTENTION PADA KARYAWAN HOTEL SANTIKA PREMIERE SEMARANG/49/Adm. Bisnis/2022. Undergraduate thesis, FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN POLITIK UNIVERSITAS DIPONEGORO.

[img] Text
COVER.pdf - Published Version

Download (5MB)
[img] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text
BAB II.pdf - Published Version

Download (365kB)
[img] Text
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (28kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (380kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Manusia merupakan salah satu faktor yang menjadi kunci keberhasilan suatu perusahaan atau organisasi dalam menjalankan usahanya. Hal ini didasarkan pada kenyataan bahwa sumber daya manusia dalam suatu perusahaan atau karyawan merupakan faktor utama dalam menciptakan keunggulan bersaing suatu perusahaan. Namun, karena alasan tertentu karyawan pada perusahaan sangat mungkin untuk dapat meninggalkan perusahaannya. Faktor turnover intention karyawan masih menjadi masalah bagi Hotel Santika Premiere Semarang. Hal ini ditandai dengan cukup tingginya angka keluar-masuk karyawan. Berdasarkan hal tersebut, peneliti melihat suatu kebutuhan untuk melakukan penelitian lebih lanjut mengenai turnover intention pada karyawan Hotel Santika Premiere Semarang.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara job satisfaction dan employee engagement terhadap turnover intention pada karyawan Hotel Santika Premiere Semarang. Tipe penelitian ini adalah explanatory research. Pengambilan sampel menggunakan teknik sampling jenuh sebanyak 78 responden yang merupakan karyawan Hotel Santika Premiere Semarang. Pengumpulan data menggunakan kuesioner, wawancara, dan studi pustaka. Penelitian ini menggunakan analisis kuantitatif dengan menggunakan uji validitas, reliabilitas, koefisien korelasi, koefisien determinasi, regresi linier sederhana dan berganda, uji t, dan uji F yang diolah menggunakan SPSS (Statistical Program for Social Science) 25.0 version.
Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh negatif dan signifikan variabel job satisfaction dan employee engagement baik secara parsial maupun simultan terhadap terhadap turnover intention pada karyawan Hotel Santika Premiere Semarang. Semakin tinggi job satisfaction dan employee engagement yang dimiliki, maka semakin rendah turnover intention karyawan Hotel Santika Premiere Semarang.

Kata Kunci: Job Satisfaction, Employee Engagement, Turnover Intention

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Business Administration
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 23 Feb 2023 01:51
Last Modified: 23 Feb 2023 01:51
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/11853

Actions (login required)

View Item View Item