Search for collections on Undip Repository

PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN HARGA TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN (Studi Kasus Pada Konsumen Fancy Florist Tembalang Kota Semarang)/46/Adm. Bisnis/2022

Laorry, Titania Prihatina and Hermani DS, Agus and Dewi, Reni Shinta (2022) PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN HARGA TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN (Studi Kasus Pada Konsumen Fancy Florist Tembalang Kota Semarang)/46/Adm. Bisnis/2022. Undergraduate thesis, FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN POLITIK UNIVERSITAS DIPONEGORO.

[img] Text
COVER.pdf - Published Version

Download (300kB)
[img] Text
BAB 1.pdf - Published Version

Download (705kB)
[img] Text
BAB 2.pdf - Published Version

Download (454kB)
[img] Text
BAB 3.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (502kB)
[img] Text
BAB 4.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (32kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (160kB)

Abstract

Perkembangan usaha di bidang karangan bunga saat ini mengalami perubahan yang sangat variatif, terutama usaha pada buket bunga. Toko karangan bunga yang berada di Kota Semarang sangat beragam, dimana masing-masing dari pelaku usaha buket bunga berlomba-lomba untuk bisa memenangkan persaingan. Salah satunya adalah toko Fancy Florist Tembalang, fenomena yang terjadi pada Fancy Florist adalah dihadapkan pada persaingan yang ketat dengan toko buket bunga yang sejenis. Penjualan pada Fancy Florist Tembalang mengalami fluktuasi dari tahun ke tahun dalam kurun waktu lima tahun terakhir pada tahun 2016-2020, dan terdapat beberapa review negatif yang mempengaruhi tingkat loyalitas konsumen.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Kualitas Produk dan Harga terhadap Loyalitas Konsumen. Tipe penelitian ini adalah explanatory research dan pengambilan sampel menggunakan teknik Non Probability Sampling dengan metode purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan Google Form. Sampel yang digunakan sebanyak 100 responden pelanggan buket bunga Fancy Florist Tembalang. Dalam Penelitian ini menggunakan analisis kuantitatif dengan bantuan aplikasi SPSS untuk melakukan uji validitas, uji reliabilitas, uji koefisien korelasi, uji koefisien determinasi, uji analisis regresi sederhana dan berganda, dan uji signifikansi yaitu uji t dan uji F.
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa kualitas produk dan harga berpengaruh positif secara parsial dan simultan terhadap loyalitas konsumen, dimana ketika dilakukan secara bersama-sama harga memiliki pengaruh yang paling besar terhadap loyalitas konsumen. Variabel kualitas produk dan harga mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas konsumen Fancy Florist.
Saran yang diberikan kepada Fancy Florist hendaknya menambah ciri khas pada produk buket bunga dari Fancy Florist seperti warna bungkus bunga (wrapping), logo stiker, tampilan ataupun dengan karakter bunga. Kemudian memperhatikan penetapan harga produk dengan menerapkan efisiensi biaya supaya usaha yang dijalankan dapat mempunyai keunggulan biaya dibandingkan dengan pesaingnya melalui upaya Fancy Florist dalam menciptakan harga produk buket bunga yang lebih terjangkau terutama untuk kalangan pelajar dan mahasiswa.

Kata Kunci : Kualitas Produk, Harga, Loyalitas Konsumen.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Business Administration
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 22 Feb 2023 07:51
Last Modified: 22 Feb 2023 07:51
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/11849

Actions (login required)

View Item View Item