Search for collections on Undip Repository

PENGARUH HARGA, PROMOSI, DAN KEMUDAHAN TRANSAKSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (Studi pada Konsumen Traveloka di Kota Semarang)/45/Adm. Bisnis/2022

Shabilla, Putri Anugerah and Listyorini, Sari and Hadi, Sudharto P. (2022) PENGARUH HARGA, PROMOSI, DAN KEMUDAHAN TRANSAKSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (Studi pada Konsumen Traveloka di Kota Semarang)/45/Adm. Bisnis/2022. Undergraduate thesis, FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN POLITIK UNIVERSITAS DIPONEGORO.

[img] Text
COVER.pdf - Published Version

Download (321kB)
[img] Text
BAB 1.pdf - Published Version

Download (662kB)
[img] Text
BAB 2.pdf - Published Version

Download (264kB)
[img] Text
BAB 3.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (554kB)
[img] Text
BAB 4.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (82kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (111kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian dilakukan berdasarkan temuan menurunnya nilai pada Top Brand Index yang dimiliki oleh merek Traveloka. Melalui penurunan nilai Top Brand Index yang dihitung melalui tiga parameter, diasumsikan adanya penurunan keputusan pembelian oleh konsumen. Keputusan pembelian dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor, pada penelitian ini faktor yang dimaksud ialah harga, promosi, dan kemudahan transaksi.
Penelitian ini merupakan penelitian explanatory research yang dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh dan besaran pengaruh variabel harga, promosi, dan kemudahan transaksi terhadap keputusan pembelian yang dilakukan oleh konsumen Traveloka di Kota Semarang. Populasi yang pada penelitian ini ialah konsumen produk Traveloka di Kota Semarang dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden. Data yang dipergunakan ialah data primer dan sekunder yaitu kuesioner, hasil perhitungan pada aplikasi SPSS, dan studi pustaka skripsi terdahulu.
Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan metode non-probability sampling melalui teknik purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebar kepada responden terkait. Penelitian ini menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, koefisien korelasi, koefisien determinasi, regresi sederhana, regresi berganda, uji t, dan analisis jalur dengan alat bantu aplikasi SPSS versi 25.
Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh positif dan signifikan secara parsial maupun simultan antara variabel harga, promosi, dan kemudahan transaksi terhadap keputusan pembelian produk Traveloka. Semakin baik harga, semakin baik promosi produk yang diciptakan oleh perusahaan, dan semakin baik kemudahan transaksi, maka akan semakin tinggi pula keputusan pembelian produk Traveloka. Peneliti menyarankan untuk Traveloka, harus memperhatikan aspek promosi dan meningkatkannya sehingga keputusan pembelian terhadap produk Traveloka dapat selalu meningkat dan mempertahankan pasar yang ada.

Kata kunci: Harga, Promosi, Kemudahan Transaksi, Keputusan Pembelian

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Business Administration
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 22 Feb 2023 07:25
Last Modified: 22 Feb 2023 07:25
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/11848

Actions (login required)

View Item View Item