Search for collections on Undip Repository

Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga terhadap Kepuasan Konsumen Gubug Makan Mang Engking Ungaran (Studi Pada Konsumen Gubug Makan Mang Engking Ungaran)/44/Adm. Bisnis/2022

En Agam, Mahardiguna Dio and Waluyo, Handoyo Djoko and Budiatmo, Agung (2022) Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga terhadap Kepuasan Konsumen Gubug Makan Mang Engking Ungaran (Studi Pada Konsumen Gubug Makan Mang Engking Ungaran)/44/Adm. Bisnis/2022. Undergraduate thesis, FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN POLITIK UNIVERSITAS DIPONEGORO.

[img] Text
cover.pdf - Published Version

Download (861kB)
[img] Text
Bab 1.pdf - Published Version

Download (995kB)
[img] Text
Bab 2.pdf - Published Version

Download (628kB)
[img] Text
Bab 3.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
Bab 4.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (347kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (465kB)
[img] Text
Lampiran.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Perkembangan bisnis kuliner di Indonesia sangatt pesat. Banyak bisnsis kuliner baru yangt munccl dengan berbagai konsep yangt berbeda baik dari segi menumakanan yang disajikan hintgtga nuansa ttempat makan yantg dibuat sindah dan senyaman muntgkin untuk meemenuhi keintginan konsumen. Salah satunya Gubug Makan Mang Engking Ungaran yang mengusung konsep untuk keluarga dengan tempat yang sangat luas dan asri dengan gubug di atas kolam ikan yang tentu banyak disukai konsumen, juga pilihan menu yang sangat beragam. Hanya saja dengan tempat yang luas, pilihan menu yang beragam, dan jumlah pengunjung yang tentu tidak sedikit tentu juga dapat menimbulkan permasalahan seperti tidak maksimalnya pelayanan yang diberikan yan kemudian membuat rendahnya kepuasan konnsumen.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh harga dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen di Gubug Mang Engking Ungaran. Tipe pneitian yang digunakan adalah explanaory research, dimana teknik pengumpulan data menggunaakan alat bantu kuesioner dengan sample berjumlah 100 responden dengan cara purposive sampling. Respnden yang dipilih adalah konsumen yag memiliki kepuusan untuk berkunjun ke Gubug Man Engking Ungaran. Metodologi yang digunakan untuk menganalisisdata primer dalam penelitian ini adalah uji validitas, uji reliabilias, koefiien korelasi, koefisien determinasi, regresi linear sederhana, regresi linear berganda, dan ujii signifikansi (uji t dan uji f) dengan SPSS versi 22.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen sebesar 49,1% sedangkan sisanya dipengaruhi oleh fakor selain kualitas pelayanan. Harga berpengaruh terhadap kepuasan konsumen secara signifikan sebesar 61,8%, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor selain harga. Secara simultan, harga bersamasama dengan kualitas peelayanan memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan konsumen sebesar 70,9% sedangkan sisanya dipngaruhi oleh faktor lain selain harga dan kualitas pelayanan.
Berdasarkan hasil penelitiam, peneliti membeerikan saran supaya Gubug Makan Mang Engking Ungaran meningkatkan kualitas pelayanan dan memberikan harga yang sesuai dengan poduk dan pelayanan yang dierikan, sehingga dapat meningkatkan kepuasan konsumen.

Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, Harga, dan Kepuasan Konsumen

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Business Administration
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 22 Feb 2023 07:17
Last Modified: 22 Feb 2023 07:17
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/11846

Actions (login required)

View Item View Item