Search for collections on Undip Repository

PENGARUH ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN DAN KNOWLEDGE MANAGEMENT TERHADAP KINERJA PEMASARAN (STUDI PADA KLASTER GITAR AMANAH KECAMATAN BAKI KABUPATEN SUKOHARJO)/43/Adm. Bisnis/2022

Alvianto, Oxi and Budiatmo, Agung and Suryoko, Sri (2022) PENGARUH ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN DAN KNOWLEDGE MANAGEMENT TERHADAP KINERJA PEMASARAN (STUDI PADA KLASTER GITAR AMANAH KECAMATAN BAKI KABUPATEN SUKOHARJO)/43/Adm. Bisnis/2022. Undergraduate thesis, FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN POLITIK UNIVERSITAS DIPONEGORO.

[img] Text
Cover.pdf - Published Version

Download (938kB)
[img] Text
Bab 1.pdf - Published Version

Download (799kB)
[img] Text
Bab 2.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text
Bab 3.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
Bab 4.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (303kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (1MB)

Abstract

Dalam upaya menjamin keberlanjutan usaha, organisasi bisnis haruslah mampu mempertahankan kinerja pemasaran. Kondisi iklim persaingan usaha yang semakin kompetitif dan dinamis menjadikan upaya untuk menjaga kinerja pemasaran dalam peforma tinggi bukanlah hal mudah. Dalam menghadapi situasi ini dibutuhkan adanya perilaku orientasi kewirausahaan dalam diri pelaku usaha agar dapat bersikap proaktif terhadap peluang yang ada, agresif terhadap persaingan, berani menghadapi segala resiko berbisnis, bersikap inovatif dan juga membantu dalam mengambil suatu keputusan. Selain itu pelaku usaha perlu mengelola knowledge management yang ada didalam usahanya untuk dapat diambil manfaatnya bagi organisasi bisnis.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh orientasi kewirausahaan dan knowledge management terhadap kinerja pemasaran. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 51 responden dengan teknik pengambilan sampel menggunakan sampling jenuh. Metode analisis data kuantitatif deskriptif dengan uji validitas, uji reliabilitas, koefisien korelasi, koefisien determinasi, analisis regresi sederhana dan berganda, signifikansi uji t dan uji F dengan menggunakan program SPSS versi 25.0.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel orientasi kewirausahaan dan knowledge management berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pemasaran. Hasil korelasi pada penelitian ini juga menunjukan bahwa orientasi kewirausahaan dan knowledge management terhadap kinerja pemasaran memiliki hubungan yang kuat.
Saran yang dapat disampaikan kepada klaster gitar amanah Kecamatan Baki Kabupaten Sukoharjo ialah meningkatkan kemauan belajar akan manajemen bisnis, melakukan promosi kelebihan produk dan pemberian promo pembelian untuk menarik minat beli, aktif memantau perkembangan selera gitar dengan melihat tren yang ada dimedia sosial, serta mengikuti setiap bazar yang ada. Selain itu pengrajin perlu menggali lagi wawasan dari pengalaman selama bertahu-tahun berkecimpung dalam industri ini, berlatih berkomunikasi dengan berinteraksi kepada berbagai pihak, belajar kembali mengenai segala prosedur dan aturan dalam membuat gitar, dan juga meningkatkan tingkat baca pengrajin agar mampu menggali wawasan baru tentang industri ini.

Kata Kunci: Orientasi Kewirausahaan, Knowledge Management, Kinerja Pemasaran

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Business Administration
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 22 Feb 2023 07:04
Last Modified: 22 Feb 2023 07:04
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/11845

Actions (login required)

View Item View Item