Search for collections on Undip Repository

ANALISIS PERUBAHAN KEBIJAKAN LUAR NEGERI AS DAN KANADA : STUDI KASUS KEBIJAKAN PERBATASAN NEGARA AS – KANADA PASCA SERANGAN TERORIS 9/11

Hernata, Fransiscus Primus (2022) ANALISIS PERUBAHAN KEBIJAKAN LUAR NEGERI AS DAN KANADA : STUDI KASUS KEBIJAKAN PERBATASAN NEGARA AS – KANADA PASCA SERANGAN TERORIS 9/11. Undergraduate thesis, FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS DIPONEGORO.

[img] Text
Cover.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
Bab 1.pdf - Published Version

Download (165kB)
[img] Text
Bab 2.pdf - Published Version

Download (529kB)
[img] Text
Bab 3.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (443kB)
[img] Text
Bab 4.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (10kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (246kB)

Abstract

Hubungan baik antara Negara Amerika Serikat dan Negara Kanada dapat dikatakan sebagai salah satu hubungan antar negara terbaik di dunia, hal ini didasari oleh beberapa faktor seperti nilai-nilai budaya yang menyerupai, kepentingan politik bersama, hubungan diplomatis yang intim, dan ikatan ekonomi yang kuat. Pada awalnya perbatasan antar negara Amerika Serikat dan Kanada merupakan simbolisasi hubungan baik dan erat antara kedua negara sehingga tidak ada pengamanan sama sekali di perbatasan antara kedua negara, tetapi hal ini berubah semenjak terjadinya serangan terorisme 9/11. Kejadian tersebut telah merubah pandangan publik maupun para pembuat kebijakan terhadap serangan teroris, kejadian ini telah merubah asumpsi nasional mengenai terorisme terutama yang bersinggungan dengan keamanan dalam negeri. Setelah kejadian serangan teroris 9/11, migrasi menjadi topik yang dapat dikaitkan dengan terorisme dikarenakan teroris bisa masuk ke suatu negara melalui pintu-pintu imigrasi penduduk di suatu negara. Penelitian dibuat melalui pengumpulan data kualitatif, serta melalui konsep sekurititasi penelitian ini menganalisis bentuk sekuritisasi yang dilakukan oleh Negara Amerika Serikat pasca kejadian 9/11. Hasil dari penelitian ini adalah terdapat banyak perubahan kebijakan di perbatasan antara Negara Amerika Serikat dengan Negara Kanada pasca terjadinya kejadian serangan terroris 9/11 hal ini terbukti dengan dibuatnya kebijakan Smart Border Action Plan yang mulai ditandatangani pada bulan Desember 2001 persis setelah terjadinya serangan teroris tersebut yang menandakan adanya urgensi untuk mengamankan perbatasan antara kedua negara.

Kata Kunci : Negara Amerika Serikat, Negara Kanada, Terorisme, Sekuritisasi, Perbatasan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of International Relations
Depositing User: Fakultas ISIP
Date Deposited: 09 Aug 2023 02:34
Last Modified: 09 Aug 2023 03:14
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/11832

Actions (login required)

View Item View Item