Search for collections on Undip Repository

HUBUNGAN ANTARA SELF REGULATED LEARNING DENGAN RESILIENSI AKADEMIK PADA MAHASISWA S1 TAHUN PERTAMA FAKULTAS PSIKOLOGI UNIVERSITAS DIPONEGORO

Afifah, Putri Tiara Silmi and Kristiana, Ika Febrian (2023) HUBUNGAN ANTARA SELF REGULATED LEARNING DENGAN RESILIENSI AKADEMIK PADA MAHASISWA S1 TAHUN PERTAMA FAKULTAS PSIKOLOGI UNIVERSITAS DIPONEGORO. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text
Repository Abstrak dan BAB 1_Putri Tiara Silmi Afifah.pdf

Download (204kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui korelasi antara self regulated learning dengan resiliensi akademik pada mahasiswa S1 tahun pertama Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro. Self regulated learning adalah strategi belajar untuk mengendalikan diri sendiri dalam menetapkan tujuan belajar, memantau setiap perkembangan dalam proses belajar, serta mengelola kemampuan yang dimiliki dan objek lain yang dapat membantunya agar mencapai hasil belajar yang optimal. Resiliensi akademik adalah ketangguhan seorang individu yang ditunjukkan dengan perilaku bertahan dan memecahkan masalah dalam menghadapi berbagai macam tantangan ataupun kesulitan untuk meningkatkan keberhasilan dalam setting akademik. Penelitian ini memiliki 361 populasi kemudian diambil 157 partisipan sebagai sampel dengan menggunakan teknik simple random sampling. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan dua skala dengan model likert yaitu skala self regulated learning (17 aitem, α = 0,889) dan skala resiliensi akademik (22 aitem, α = 0,904). Analisis data menggunakan spearman’s rho menunjukkan hasil adanya hubungan positif yang signifikan antara self regulated learning dengan resiliensi akademik (r = 0,573, p = <0,01). Hasil tersebut mengindikasikan semakin tinggi self regulated learning, maka semakin tinggi pula resiliensi akademik pada mahasiswa S1 tahun pertama Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro. Begitu juga sebaliknya, bahwa semakin rendah tingkat self regulated learning, maka semakin rendah pula tingkat resiliensi akademik pada mahasiswa S1 tahun pertama Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro. Dengan demikian, mahasiswa tahun pertama penting untuk memperhatian kemampuan self regulated learning guna meningkatkan resiliensi akademiknya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Fakultas Psikologi
Date Deposited: 05 Feb 2024 07:42
Last Modified: 05 Feb 2024 07:42
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/11830

Actions (login required)

View Item View Item