Huda, Novia Nur and Suryoko, Sri (2022) PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN FASILITAS WISATA TERHADAP KEPUTUSAN BERKUNJUNG KEMBALI DENGAN KEPUASAN PENGUNJUNG SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi pada Pengunjung Hortimart Agro Center Bawen)/29/Adm. Bisnis/2022. Undergraduate thesis, FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN POLITIK UNIVERSITAS DIPONEGORO.
Text
1. COVER.pdf - Published Version Download (273kB) |
|
Text
2. BAB I.pdf - Published Version Download (549kB) |
|
Text
3. BAB II.pdf - Published Version Download (2MB) |
|
Text
4. BAB III.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (903kB) |
|
Text
5. BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (104kB) |
|
Text
6. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (159kB) |
|
Text
7. LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Hortimart Agro Center Bawen merupakan salah satu destinasi agrowisata yang didirikan tahun 1970 dan lokasinya berada di Jalan Gatot Subroto No. 55, Bawen, Kabupaten Semarang. Jumlah pengunjung Agrowisata Hortimart Agro Center secara absolut terus mengalami kenaikan setiap tahunnya yang tercatat dalam empat tahun terakhir, namun selama dua tahun terakhir realisasi pengunjung yang berkunjung belum mencapai target yang ditentukan oleh perusahaan dan selama empat tahun terakhir keluhan selama kunjungan juga mengalami kenaikan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan dan fasilitas wisata terhadap keputusan berkunjung kembali melalui kepuasan pengunjung. Tipe penelitian ini adalah explanatory research dengan teknik pengumpulan data melalui penyebaran kuesioner dan wawancara. Sampel dari penelitian ini adalah 100 pengunjung Hortimart Agro Center Bawen yang pernah melakukan kunjungan lebih dari 1 kali. Analisis data menggunakan teknik analisis jalur dibantu dengan software Statistical Package for Social Science (SPSS) versi 25.0 for windows dimana sebelumnya digunakan uji validitas, reliabilitas, koefisien korelasi, koefisien determinasi, analisis regresi sederhana dan berganda, uji signifikansi (uji t dan uji f), uji sobel terlebih dahulu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa seluruh variabel independen memiliki pengaruh signifikan terhadap variabel dependen, sedangkan variabel kepuasan pengunjung berperan sebagai variabel mediasi parsial penuh yang menunjukkan ada pengaruh tidak langsung variabel kualitas pelayanan dan fasilitas wisata terhadap keputusan berkunjung kembali. Saran yang diajukan meliputi : menambahkan kanopi pada lahan parkir motor, mempertimbangkan penambahan mobil keliling atau bisa diganti dengan sepeda, menambahkan bangku dan gazebo di titik destinasi wisata yang ramai seperti di daerah waduk, penggantian dengan wisata lain yang masih bisa dinikmati di waduk tersebut tanpa menutup akses ke waduk saat musim kemarau, menyediakan beberapa pos pengamanan yang dapat jelas dilihat dan mudah dijangkau oleh pengunjung, mobil keliling diberi ruang khusus untuk penyandang disabilitas, dan penambahan jumlah bangku tunggu di sekitar restoran, Kotak saran perlu ditambah pada lokasi yang bisa terlihat jelas oleh pengunjung.
Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Fasilitas Wisata, Kepuasan Berkunjung, Keputusan Berkunjung Kembali
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Social Science and Political Science |
Divisions: | Faculty of Social and Political Sciences > Department of Business Administration |
Depositing User: | diana nirwani |
Date Deposited: | 22 Feb 2023 04:36 |
Last Modified: | 22 Feb 2023 04:36 |
URI: | https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/11829 |
Actions (login required)
View Item |