Search for collections on Undip Repository

BEDTIME PROCRASTINATION (STUDI FENOMENOLOGIS MAHASISWA FAKULTAS PSIKOLOGI UNIVERSIYAS DIPONEGORO YANG MENUNDA WAKTU TIDUR)

Fitriani, Annisa and Indriana, Yeniar (2023) BEDTIME PROCRASTINATION (STUDI FENOMENOLOGIS MAHASISWA FAKULTAS PSIKOLOGI UNIVERSIYAS DIPONEGORO YANG MENUNDA WAKTU TIDUR). Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text
Annisa Fitriani_15000118140216_Abstrak.pdf

Download (95kB)

Abstract

Bedtime procrastination sebagai pengorbanan waktu tidur, yang merupakan hal yang disukai banyak orang, akan memunculkan banyak dampak negatif bagi kesehatan mental mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk menggali pengalaman mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro yang terlibat dengan aktivitas bedtime procrastination. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan metode analisis interpretative phenomenological analysis. Partisipan penelitian yang dipilih adalah mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro yang terlibat dengan perilaku bedtime procrastination secara berkala dan tidak terdiagnosis memiliki gangguan tidur atau tidak bekerja shift malam. Metode wawancara yang dilakukan dalam penelitian ini adalah wawancara yang dilakukan secara semi terstruktur. Penelitian ini menghasilkan tiga tema induk, yaitu (1) proses bedtime procrastination yang meliputi alasan untuk tidur, penolakan yang tidak disadari, kesadaran terhadap dampak, dan penerimaan bedtime procrastination; (2) habituasi yang terbentuk yang meliputi konsistensi perilaku bedtime procrastination, konsekuensi yang dirasakan, dan penilaian negatif terhadap tidur; (3) modifikasi perilaku yang meliputi pemicu awal perubahan dan strategi perubahan perilaku. Melalui penelitian ini, partisipan menyampaikan bagaimana dinamika yang dilalui sebagai mahasiswa yang melakukan bedtime procrastination dan bagaimana mereka memaknai pengalaman tersebut. Temuan dalam penelitian ini diharapkan dapat menjadi masukan dalam ilmu psikologi di bidang klinis guna memahami pengalaman mahasiswa pelaku bedtime procrastination.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Fakultas Psikologi
Date Deposited: 05 Feb 2024 04:25
Last Modified: 05 Feb 2024 04:25
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/11803

Actions (login required)

View Item View Item