Search for collections on Undip Repository

Hubungan antara Dukungan Sosial Orang Tua dengan Minat Melanjutkan Studi ke Perguruan Tinggi pada Siswa-Siswi SMK Negeri 1 Banjarnegara

Muktabar, Narendra Wahyu Nur and Dewi, Endah Kumala (2023) Hubungan antara Dukungan Sosial Orang Tua dengan Minat Melanjutkan Studi ke Perguruan Tinggi pada Siswa-Siswi SMK Negeri 1 Banjarnegara. Undergraduate thesis, Undip.

[img] Text
Abstrak_Narendra Wahyu Nur Muktabar.pdf

Download (96kB)

Abstract

Angka peminat lulusan jenjang sekolah menengah atau kejuruan untuk melanjutkan studi ke perguruan tinggi masih rendah. Hal ini tampak jelas terjadi pada siswa siswi Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Banjarnegara Kabupaten Banjarnegara. Salah satu faktor yang mempengaruhi minat tersebut adalah kurangnya dukungan sosial orang tua. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dukungan sosial orang tua terhadap minat untuk melanjutkan studi ke perguruan tinggi pada siswa kelas XII SMK N 1 Banjarnegara. Populasi penelitian ini adalah siswa-siswi SMK Negeri 1 Banjarnegara 630 orang. Kriteria sampel pada penelitian siswa-siswi kelas XII SMK Negeri 1 Banjarnegara, jenis kelamin laki-laki dan perempuan dan usai 17-19 Tahun, dengan berjumlah 220 subjek yang terpilih dengan menggunakan teknik convenience sampling. Terdapat dua instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Skala minat melanjutkan studi ke perguruan tinggi (44 aitem, α = 0,966) dan Skala dukungan sosial orang tua (42 aitem, α = 0,936). Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis regresi linier sederhana. Hasil analisis data menunjukkan nilai garis regresi Beta = 0,825 dengan p = 0,000 (p<0,005), nilai F = 492.239, dan nilai koefisien determinasi (R2) = 0,680. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif yang signifikan antara minat melanjutkan studi ke perguruan tinggi dengan dukungan sosial orang tua pada siswa-siswi SMK Negeri 1 Banjarnegara.
Kata Kunci: minat melanjutkan studi ke perguruan tinggi; dukungan sosial orang tua; siswa SMK.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Fakultas Psikologi
Date Deposited: 27 Feb 2023 06:44
Last Modified: 27 Mar 2023 04:46
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/11763

Actions (login required)

View Item View Item