Search for collections on Undip Repository

PENGARUH EKSTRAK PHALERIA MACROCARPA TERHADAP EKSPRESI PERFORIN DAN INDEKS APOPTOSIS (Studi Eksperimental In Vivo Pada Adenocarcinoma Kolon Tikus Sprague-Dawley Yang Diberi Neoadjuvant 5-FU dan Leucovorin)

Wibowo, Endro Ri and Yudhanto, Eka and Budijitno, Selamet (2015) PENGARUH EKSTRAK PHALERIA MACROCARPA TERHADAP EKSPRESI PERFORIN DAN INDEKS APOPTOSIS (Studi Eksperimental In Vivo Pada Adenocarcinoma Kolon Tikus Sprague-Dawley Yang Diberi Neoadjuvant 5-FU dan Leucovorin). Masters thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text (COVER)
Cover.pdf

Download (223kB)
[img] Text (BAB 1)
BAB I.pdf

Download (203kB)
[img] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (564kB)
[img] Text (BAB 3)
BAB 3 .pdf
Restricted to Registered users only

Download (265kB)
[img] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (657kB)
[img] Text (BAB 5)
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (285kB)
[img] Text (BAB 6)
BAB 6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (147kB)
[img] Text (BAB 7)
BAB 7.pdf
Restricted to Registered users only

Download (137kB)
[img] Text (Daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (763kB)

Abstract

Pendahuluan : Kanker kolorektal adalah kanker terbanyak ketiga pada laki-laki setelah kanker paru dan kanker prostat dan terbanyak ke dua pada wanita setelah kanker payudara. Angka kejadiannya masih tinggi di seluruh dunia dan terus meningkat di negara berkembang. Modalitas utama penanganan kasus ini adalah dengan pembedahan diikuti dengan kemoterapi, radiasi dan imunoterapi. Phaleria macrocarpa (Mahkota Dewa) terbukti memiliki efek sitostatika dan dapat meningkatkan imunitas seluler terhadap sel kanker. Tujuan : Penelitian ini ingin membuktikan pengaruh pemberian ekstrak buah P macrocarpa terhadap tumor kolon dengan mengukur ekspresi perforin dan indeks apoptosis. Metode : Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental laboratorik, dengan rancangan Randomized post test control group only design dengan menggunakan binatang percobaan tikus putih betina strain Sprague dawley sebagai objek penelitian. Objek penelitian diinduksi dengan 1,2-DMH subkutan selama 7 minggu sampai muncul kanker kolon kemudian dibagi menjadi 4 kelompok yaitu kelompok K, P1 (kelompok P macrocarpa), P2 (kelompok kemoterapi), dan P3 (Kelompok kombinasi). Kemoterapi 5FU-leucovorin diberikan sesuai regimen Rosswell Park. sebanyak 1 siklus. P macrocarpa diberikan dengan dosis 0,495 mg/hari (0,99 mL /hari) per oral. Ekspresi perforin dan indeks apoptosis dinilai dengan pengecatan imunihistokimia. Hasil : Dari analisis multivariat ekspresi perforin dan indeks apoptosis, terdapat perbedaan yang bermakna (p=0,000 dan p=0,003 secara berurutan). Dari hasil uji Post Hoc ekspresi perforin, didapatkan perbedaan yang bermakna antara kelompok kontrol dengan P1 (p=0,013) dan P3 (p=0,000), antara P1 dengan P2 (p=0,006) dan antara P2 dengan P3 (0,000). Perbedaan yang tidak bermakna terdapat antara kelompok kontrol dengan P2 (p=0,758), dan antara P1 dengan P3 (0,133). Pada indeks apoptosis terdapat perbedaan yang bermakna antara kelompok kontrol dengan P2 (p=0,022) dan P3 (p=0,001), antara kelompok P1 dengan P3 (p=0,008). Perbedaan yang tidak bermakna didapatkan antara kelompok kontrol dengan P1 (p=0,254), P1 dengan P2 (p=0,203), dan P2 dengan P3 (p=0,114). Dari uji korelasi Spearman disimpulkan tidak terdapat hubungan yang bermakna antara ekspresi perforin terhadap indeks apoptosis (p = 0,087 dan r = 0,357). Kesimpulan : P macrocarpa memiliki potensi sebagai imunostimulator pada kanker kolon dan mampu menambah efektifitas kemoterapi dalam hal meningkatkan ekspresi perforin dan indeks apoptosis.
Kata kunci : P macrocarpa, kanker kolon, ekspresi perforin, indeks apoptosis, kemoterapi

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: P macrocarpa, kanker kolon, ekspresi perforin, indeks apoptosis, kemoterapi
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Master Program in Biomedical Science
Depositing User: heni lutfiatun
Date Deposited: 16 Feb 2023 07:55
Last Modified: 16 Feb 2023 07:55
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/11742

Actions (login required)

View Item View Item