Search for collections on Undip Repository

IMPLEMENTASI HUKUM PIDANA DAN HUKUM PIDANA ADAT DALAM KASUS PERUSAKAN CAGAR BUDAYA DALAM POLEMIK RAJA KEMBAR PAKUBUWONO XIII HANGABEHI DAN KGPH TEDJOWULAN DI KERATON KASUNANAN SURAKARTA_032 PDN 2022

Ramadhan, Azra Javier and Pujiyono, Pujiyono and Sutanti, Rahmi Dwi (2022) IMPLEMENTASI HUKUM PIDANA DAN HUKUM PIDANA ADAT DALAM KASUS PERUSAKAN CAGAR BUDAYA DALAM POLEMIK RAJA KEMBAR PAKUBUWONO XIII HANGABEHI DAN KGPH TEDJOWULAN DI KERATON KASUNANAN SURAKARTA_032 PDN 2022. Undergraduate thesis, Fakultas Hukum Universitas Diponegoro.

Full text not available from this repository.

Abstract

Indonesia adalah negara yang berlandaskan hukum dengan dasarnya adalah Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945. Selain berlandaskan hukum, Indonesia juga negara dengan beragam bahasa dan budaya, maka seyogyanya arah landasan hukum Indonesia juga berpacu pada hukum-hukum yang hidup di masyarakat itu sendiri. Namun sering kali terdapat fenomena tabrakan antara penerapan hukum nasional dengan hukum adat sendiri sehingga menimbulkan berbagai putusan yang tidak memiliki solusi bagi antar pihak. Penulisan hukum ini menggunkan metode pendekatan yuridis empiris. Data yang digunakan adalah data primer dan sekunder yakni data yang dikumpulkan melalui wawancara secara langsung dan peraturan hukum terkait. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan tentang fenomena penerapan hukum pidana dan hukum pidana adat dalam satu kasus yang sama, yakni dalam pelanggaran cagar budaya.
Penulisan ini membuktikan bahwa penerapan hukum pidana nasional bila tidak didasakan pada teori-teori hukum yang kuat maka menghasilkan putusan yang tidak adil bagi masyarakat hukum adat, karena suatu adat dan budaya yang dilindungi dalam Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2010 Tentang Cagar Budaya berkaitan erat dengan kepentingan dan kepercayaan masyarakat hukum adat itu sendiri, maka dari itu seharusnya struktur hukum yang terdiri dari perundang-undangan serta aparat penegak hukum harus memiliki wawasan budaya dan adat untuk melakukan sebuah proses hukum. Karena adat itulah identitas bangsa kita.
Kunci : Pidana, Pidana Adat, Cagar Budaya

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Law
Divisions: Faculty of Law > Department of Law
Depositing User: Mr Perpus FH1
Date Deposited: 10 Nov 2023 03:43
Last Modified: 10 Nov 2023 03:43
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/11672

Actions (login required)

View Item View Item