Search for collections on Undip Repository

KARAKTERISTIK PASIEN MENINGOCELE DI RSUP Dr. KARIADI PERIODE JANUARI – DESEMBER 2020

Putro, Aji Nawa Irawan and Andar, Erie B. P. Setya Budi (2022) KARAKTERISTIK PASIEN MENINGOCELE DI RSUP Dr. KARIADI PERIODE JANUARI – DESEMBER 2020. Masters thesis, Universitas Diponegoro.

Full text not available from this repository. (Request a copy)

Abstract

Latar Belakang: Kelainan tabung saraf (Neural Tube Defects) merupakan salah satu kelainan bawaan yang sering terjadi pada neonatus, yang terjadi akibat kegagalan penutupan lempeng saraf. Meningokel merupakan bagian dari kelainan tabung saraf berupa penonjolan selaput otak dan cairan otak melalui suatu defek. Data WHO SEARO tahun 2010 memperkirakan prevalensi kelainan bawaan di Indonesia adalah 59.3 per 1000 kelahiran hidup. Kelainan sistem saraf kongenital didapati sebanyak 22,3% dari seluruh kelainan kongenital pada anak. Kelainan kongenital lain yang menyertai serta infeksi dapat memperberat kondisi pasien walaupun setelah menjalani penanganan yang cepat dan tepat,
Tujuan: Mengetahui karakteristik pasien meningokel di RSUP Dr. Kariadi periode tahun 2020.
Metode: Penelitian ini merupakan peneltian deskriptif dimana data diambil dari rekam medis. Didapatkan 12 pasien dengan meningokel pada periode tahun 2020 di RSUP Dr. Kariadi, data kemudian disajikan dalam tabel.
Hasil: Total sebanyak 12 pasien di rawat di RSDK dengan diagnosa meningokel sepanjang tahun 2020. 25% pasien merupakan pasien lama yang sudah pernah dilakukan operasi rekonstruksi meningokel di RSDK, 8,33% pasien dengan meningokel berulang, sedangkan 16,67% sisanya dengan di dapatkan hidrosefalus dan dilakukan rekonstruksi serta pemasangan VP shunt. Terdapat 75% pasien baru, menjalani operasi rekonstruksi meningokel. Satu pasien meninggal selama perawatan karena meningitis.

Kata Kunci: Meningokel, kelainan tabung saraf, neural tube defects

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Meningokel, kelainan tabung saraf, neural tube defects
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Master Program of Specialist Medical
Depositing User: Upload Mandiri FK
Date Deposited: 08 Feb 2023 08:10
Last Modified: 08 Feb 2023 08:10
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/11669

Actions (login required)

View Item View Item